Rabu, 18 Desember 2019 15:43

Kotaku Jadi Solusi Kesulitan Air Bersih Warga Kelurahan Padasuka

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Salah satu permasalahan di RW 07 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi adalah minimnya akses air minum (air bersih). Biasanya warga setempat, memenuhi keperluan air minum mereka dengan membeli atau mengambil dari lokasi yang terdekat. Kondisi tersebut membuat warga harus mengeluarkan uang guna mendapatkan air minum.

Usai rembuk warga, BKM  Amanah Sejahtera Kelurahan Padasuka  bersama Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  Padasuka 1 sepakat membangun sarana prasarana air minum melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 2019, yang difasiltasi oleh Askot Kotaku Kota Cimahi. 

"Usulan kami kepada Askot Kotaku untuk mendapatkan bantuan fasilitas sarana air bersih akhirnya dikabulkan, sejak November 2019 pembangunannya sudah kami laksanakan dan akhir Desember 2019 akan kami tuntaskan," jelas  Sutiono Anwar, Ketua KSM Padasuka 1 sekaligus Ketua RW 07 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah, Rabu (18/12). 

Dikatakannya, Fasilitas ini akan bermanfaat bagi warga di RT 01 dan RT 02 RW 07 Kelurahan Padasuka. Kini,  warga tak perlu lagi membeli air minum atau mengambil ke tempat lain, karena sarana air bersihnya sudah mulai bisa dimanfaatkan.

Sementara, Ruswandi, salah seorang warga RW 07 Kelurahan Padasuka merasa bangga bisa menghibahkan lahannya untuk digunakan pembangunan sarana air bersih oleh BKM. Pasalnya, dia merasa bisa membantu warga untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.
"Semoga ini akan bermanfaat dan warga tak usah mengambil air bersih ke tempat lain," jelasnya. 

Hal yang sama disampaikan Yani, warga setempat. Dia berterimakasih kepada BKM, Ketua RW dan pemerintah yang sudah memberikan solusi dalam memenuhi kesulitan air bersih warga. Karena, setiap datang musim kemarau, warga selalu mengalami kesulitan dalam pemenuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari.  "Semoga kami tidak kekurangan lagi air bersih," pungkasnya. 

Baca Lainnya