Rabu, 15 Agustus 2018 16:33

Kotaku Fokuskan Sarana Air Bersih di RW 02 Kelurahan Cimahi Kota Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Ketersediaan Air Bersih yang semakin menyusut menjadi aspirasi warga RW 02 Kelurahan Cimahi Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi. Hal itu mengemuka saat digelarnya Pelatihan Peningkatan Kapasitas Masyarakat yang dilaksanakan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Citra Marga Mandiri Kelurahan Cimahi.

Koordinator BKM Citra Marga Mandiri Kelurahan Cimahi Dedi Rustandi menyebutkan, sesuai dengan aspirasi yang muncul dari para warga RW 02 Kelurahan Cimahi yang diwakili pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) setempat, penanganan wilayah Kumuh dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Cimahi, warga setempat mengnginkan agar penataan lingkungan yang dibiayai oleh Kementerian PUPR tersebut difokuskan kepada pengadaan sarana air bersih.

“Keterbatasan sarana air bersih di RW 02 menjadi kendala warga setempat, apalagi jika musim kemarau tiba. Atas Aspirasi warga  akhirnya program Kotaku di RW 02 Kelurahan Cimahi difokuskan pada penyediaan sarana air bersih,” ungkap Dedi kepada Limawaktu, Rabu (15/8).

Lurah Cimahi Heri Herdiana menyebutkan, sesuai dengan SK Wali Kota Cimahi, wilayah RW 02 termasuk dalam kumuh, karenanya akan dilakukan penataan lingkungan melalui Program Kotaku. Kondisi kekumuhan di Kelurahan Cimahi khususnya di RW 02 tersebut berbeda dengan daerah lain, karena secara infrastruktur di RW 02 sudah terfasilitasi oleh program lainnya.

“Keterbatasan sarana air bersih menjadi perhatian dari pemerintah dalam hal ini program Kotaku yang digulirkan Kementerian PU. Warga kami sangat mersepon adanya program Kotaku di wilayahnya, meskipun jika dilihat di Kelurahan Cimahi jalan-jalan atau gang sudah di paving blok,” sebutnya.

Kepadatan penduduk yang kurang sebanding dengan luas wilayah yang ada  menjadikan RW 02 dikatagorikan sebagai wilayah kumuh, meskipun seacara fisik sudah ada pembangunan di wilayah tersebut.

“Ini menjadi tantangan bagi kami sebagai aparat di wilayah untuk meningkatkan lingkungan warga yang sehat,” pungkas Heri.

Baca Lainnya