Rabu, 25 Desember 2019 10:50

Kotaku Dorong Peningkatan Indeks Kebahagiaan Warga Kelurahan Campaka

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pembangunan secara masif wajah Kota Bandung banyak mendapat apresiasi warga, karena  Pemulihan kawasan ruang publik  akan mampu meningkatkan nilai Indeks Kebahagiaan warganya.  Sentuhan yang dilakukan Kementerian PUPR melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) diyakini  bakal ikut mendorong peningkatan indeks kebahagiaan warga, khususnya di Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung.

Pengurus BKM Campaka Kelurahan Campaka Atang Faqih menyebutkan, di Kelurahan Campaka, lewat Program Kotaku dilakukan peningkatan sanitasi lingkungan warga dengan pembuatan saluran pengolah limbah domestik dan instalasi pengolah limbah (IPAL) serta sarana Air Bersih yang tersebar di 4 RW.

Hal yang sama disampaikan Pengurus BKM Endang Suherman. Program Kotaku ini melibatkan pihak ketiga sebagai pelaksana teknis, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi, seperti dalam pembuatan IPAL, karena harus menggunakan pipa paralon khusus,, Begitupun dalam Pembuatan Saran Air Bersih, pengeboran harus dilakukan oleh pihak yang sudah memiliki surat izin.

"Selain pihak ketiga, swadaya masyarakat juga ikut terlibat dalam bentuk bantuan tenaga atau membantu makanan dalam pengerjaan kegiatan," terangnya, Selasa (24/12).

Sementara, Ketua RT 03/05 Kelurahan Campaka Siti atas nama warga mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintah yang sudah membantu warganya dalam penyediaan sarana air bersih, sehingga bisa bermanfaat apalagi saat tiba musim kemarau.

"Terimakasih kepada pemerintah yang sudah membantu warga kami," katanya.
Kepala Kelurahan Campaka, Asep Aceng mengatakan, program yang digulirkan pemerintah yakni Kotaku, ikut mendukung perbaikan sanitas lingkungan warga Kelurahan Campaka Kecamatan Andir Kota Bandung, sehingga warga antusias menyambut digulirkannya perbaikan sarana infrastruktur dan air bersih.

"Adanya pembangunan yang digarap Kotaku warga sudah merasa gembira, apalagi jika pembangunannya selseai, akan meningkatkan indeks kebahagiaan mereka," pungkasnya.  

Baca Lainnya