Sabtu, 11 Agustus 2018 14:10

Kotaku Direspon Positif Warga Kelurahan Padasuka Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Meskipun baru pertamakali digulirkan di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi pada tahun ini, program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) mendapat respom positif dari warga setempat. Pasalnya,  sebelumnya warga Kelurahan Padasuka pernah mendapatkan perbaikan infrastruktur di wilayahnya dari program lain.

“Warga Padasuka mersepon positif  adanya perbaikan infrastruktur di beberapa RW yang terindikasi kumuh dari program Kotaku ini,” jelas Freddy Manopo, Koordinator Badan Kswadayaan Masyarakat (BKM) Padasuka, Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah, Sabtu (11/8).

Baca Juga : Kotaku Menjadi Solusi dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan

Menurut Freddy, usai mendapatkan informasi adanya program Kotaku di Kelurahan Padasuka, bersama tim dari Kotaku  pihaknya melakukan pendataan dan survey ke lokasi yang bakal digarap, lalu dilakukan pembicaraan dengan warga setempat.

“Dari 21 RW di kelurahan Padasuka, 11 RW diantaranya merupakan wilayah yang dikatagorikan kumuh dan  akan dilakukan penanggulangan melalui program Kotaku, warga sangat merespon positif adanya program Kotaku masuk di Kelurahan Padasuka ini,  “ jelasnya.

Baca Juga : Kotaku Perbaiki Infrastruktur Empat RW di Cigugur Tengah

Kotaku di Kelurahan Padasuka merupakan yang pertama bagi Kelurahan Padasuka, namun karena sudah sering mendapatkan kegiatan serupa, sehingga BKM dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang ada di Padasuka sudah memiliki pengalaman melaksanakan kegiatan sejenis.   

Dikatakan Freddy, sebelum Program Kotaku masuk ke Kelurahan Padasuka, beberapa perbaikan infrastruktur pernah dilakukan oleh BKM Padasuka, diantaranya dari APBD Kota Cimahi atau APBD Provinsi Jawa Barat. Beberapa perbaikan infrastruktur yang pernah dilaksanakan tersebut selain soal perbaikan jalan, juga penyediaan air bersih  atau perbaikan rumah tidak layak huni (rutilahu).

Untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaannya, beberapa KSM di Kelurahan Padasuka dilatih terlebih dahulu agar terjadi peningkatan kapasitas   dalam menggarap Program Kotaku ini.

“Ketua dan Bendahara di beberapa KSM sudah dilatih oleh Askot Mandiri Kotaku agar memiliki keterampilan dalam membuat pelaporan dan pengadministrasian pelaksanaan Kotaku di Padasuka ini,” kata Freddy.

Baca Lainnya