Jumat, 21 Juni 2024 18:46

Kota Cimahi Menghadapi Banyak Tantangan Wujudkan ‘Cimahi Campernik’

Penulis : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Cimahi, di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jum’at (21/6/2024).
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Cimahi, di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jum’at (21/6/2024). [Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Jadi ke-23 Kota Cimahi, di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jum’at (21/6/2024). ]

Limawaktu.id, Kota Cimahi –  Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengaku, masih banyak problematika yang dihadapi Kota Cimahi memasuki usia ke-23 pada 2024 ini.

“Beberapa problema masih kita hadapi seperti kemacetan, polusi, kita melihat juga persoalan lingkungan, stunting, pengangguran, kemiskinan adalah hal-hal yang masih mewarnai kehidupan kota ini, yang mau tidak mau itu menjadi tantangan kita untuk menuntaskannya, untuk mengatasinya terutama dalam mewujudkan Cimahi Campernik di 20 tahun mendatang,” ungkap Dicky, menyikapi usia 23 tahun Kota Cimahi, yang jatuh pada 21 Juni 2024.

Namun demikian, Dicky mengingatkan untuk tetap bersyukur atas karunia Allah SWT di tengah persoalan yang ada, “Kita bersyukur, di tengah tantangan yang berat itu kita mampu menyelesaikan sejumlah pekerjaan besar dan mendasar, khususnya pembangunan di bidang infrastruktur, kesehatan, pelayanan publik dan pendidikan.

“Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Cimahi untuk bersama-sama membangun dan mengatasi persoalan di Kota Cimahi. Mari kita semua di ulang tahun ini menjadikan momen kebersamaan dan memaknainya bahwa kota ini perlu kita lakukan pembangunannya secara bersama-sama, bersinergi dan berkolaborasi karena sesungguhnya kita memiliki potensi yang kuat untuk mewujudkan itu semua, “ ungkapnya.

Dia menjelaskan, ‘Cimahi Campernik’ menjadi  Tema HUT Kota Cimahi ke-23 yang sekaligus menjadi branding kota Cimahi diambil dari Bahasa Sunda, ‘Campernik’ yang memiliki makna kecil, unik, kreatif dan menarik. Tema ‘Cimahi Campernik’ sejalan dengan city branding/tagline Kota Cimahi, juga sejalan dengan visi Kota Cimahi Tahun 2025 – 2045 dalam RPJPD yaitu Cimahi Campernik Kota Maju, Unggul dan Berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi, saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-23 yang jatuh pada  Jumat  21 Juni 2024.

Menurut Dicky,  mengatakan, filosofi tema yang diusung Kota Cimahi pada tahun 2024 adalah “Karakteristik yang terkandung dalam istilah campernik dapat mendeskripsikan Kota Cimahi yang kecil, tetapi unik dengan heterogenitas penduduknya, lokasinya strategis, dan masyarakat yang kreatif dibuktikan dengan berkembangnya industri kreatif digital di Kota Cimahi.

Usia 23 tahun merupakan usia yang sangat bermakna karena usia 23 merupakan golden age atau angka usia emas, dimana proses pendidikan dan pembinaan telah selesai, bahwa masyarakat Cimahi mulai tumbuh menuju fase kedewasaan dalam memahami arti penting pembangunan di kotanya.

“Selama ini saya telah melihat komitmen Pemerintah Kota Cimahi dan jajarannya yang didukung aparatur pemerintah yang lain dan segenap lapisan masyarakat Cimahi sangat tinggi, untuk menjaga situasi-kondisi daerah agar tetap kondusif, sehingga seluruh program-program pembangunan dapat dilaksanakan dengan lancar,” kata Dicky.

Senada dengan Pj Wali Kota Cimahi, Sekretaris Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan mengajak semua pihak untuk bahu membahu membangun Kota Cimahi, “Pada peringatan HUT Kota Cimahi ini saya menghimbau kepada semua untuk stakeholders untuk tetap bersatu padu membangun kebersamaan kekompakan, untuk mengantarkan Cimahi ini sehingga bisa menjadi kota yang aman, nyaman, maju, sesuai dengan harapan kita semua,” tutur Dikdik.

Dikdik berharap Kota Cimahi akan menjadi kota yang bukan hanya cantik namun juga mampu bertahan menghadapi berbagai tantangan zaman, “Cimahi berharap dapat menjadi kota yang Campernik, walau hanya terdiri dari tiga kecamatan namun kita harus bisa meyakini bahwa luas wilayah kota yang kecil ini harus diikuti oleh peningkatan kualitas dalam berbagai hal. Cimahi harus terlihat lebih cantik, lebih indah, lebih menarik, dan kuat  dalam menghadapi tantangan zaman,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya