Rabu, 13 Desember 2023 16:49

Kota Cimahi Empat Kali Sabet Penghargaan Innovative Government Award

Penulis : Bubun Munawar
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menerima penghargaan Innovative Government Award yang diseraahkan  Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menerima penghargaan Innovative Government Award yang diseraahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Selasa (12/12/2023). [Diskominfo Kota Cimahi]

Limawaktu.id, Jakarta - Kota Cimahi kembali meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023 sebagai 'Kota Terinovatif' dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan tersebut secara resmi diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta, Selasa (12/12/2023). Capaian ini merupakan kali kelima sebagai finalis dan kali keempat Kota Cimahi mendapatkan predikat Kota Terinovatif di tingkat nasional.

Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan tahunan dari Kemendagri kepada Pemerintah Daerah atas semangat dan keberhasilannya melakukan inovasi di bidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan. Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi Pemerintah Daerah, untuk senantiasa berinovasi.

Mekanisme penilaian IGA diukur dari tiga hal, yakni aspek kuantitas, aspek kualitas, dan aspek manfaat. Seluruhnya didasarkan pada lima kriteria inovasi daerah. Pertama, mengandung pembaharuan seluruh atau sebagian unsur dari inovasi. Kedua, memberi manfaat bagi daerah atau masyarakat. Ketiga, tidak mengakibatkan pembebanan atau pembatasan pada masyarakat yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Keempat, merupakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, dan kelima dapat direplikasi.

Tito Karnavian dalam sambutannya menyatakan pentingnya inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan, “Inovasi penting dalam kehidupan yang berkembang dan dinamis sehingga perlu berkreasi dan berinovasi di semua bidang, termasuk di dalam pemerintahan,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan Kemendagri berkomitmen akan terus mendorong adanya inovasi dengan memanfaatkan kemajuan yang ada. Namun demikian, Tito juga mengingatkan bahwa inovasi tidak hanya dalam digitalisasi dan membangun platform saja. Selain itu ia pun berharap inovasi tersebut dijadikan sebuah sistem yang berkelanjutan sehingga sistem tersebut tidak bergantung pada figur pemimpin sebelumnya.

Pj Wali Kota Cimahi <a href=Dicky Saromi bersama beberapa ASN Kota Cimahi berfoto bersama usai menerima Penghargaan Innovative Government Award dari Menteri Dalam Negeri, Selasa (12/12/2023)" width="532" height="354" />

 Sementara itu Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi menyampaikan prestasi yang dicapai Kota Cimahi didapatkan atas inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi maupun yang diinisiasi oleh masyarakat berkolaborasi dengan berbagai stakeholder di Kota Cimahi.

Hingga kini Kota Cimahi telah melakukan lebih dari 109 inovasi di berbagai aspek pemerintahan, salah satu program unggulannya adalah Dilanda Cita yang mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan dan Awas Sikoma program Pemerintah Daerah Kota Cimahi dalam pengelolaan sampah.

“Kota Cimahi berhasil mendapatkan penghargaan salah satu Kota Terinovatif dengan inovasi yang telah dilakukan, dan lebih daripada itu inovasi ini mampu membawa terobosan-terobosan dan menjadi sebuah sistem yang berkelanjutan dan dapat terus dimanfaatkan bagi masyarakat,” tukas Dicky.

Dalam lima tahun terakhir, Kota Cimahi telah menunjukkan komitmennya  untuk mengintegrasikan teknologi dan konsep-konsep inovatif dalam berbagai aspek. Dari penerapan Smart City hingga program pendidikan inovatif, Kota Cimahi telah membuktikan bahwa inovasi menjadi solusi, dan menjadi urusan yang penting dalam setiap kebijakan dan layanan yang diberikan kepada masyarakat. Hal ini memperkuat tekad untuk terus berinovasi dan memberi dampak sebesar-besarnya khususnya bagi masyarakat Kota Cimahi. Dengan semangat ini, Kota Cimahi berkomitmen untuk terus mengejar keunggulan dalam setiap aspek pelayanan publik, menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan teknologi, dan membentuk masyarakat yang inovatif dan adaptif.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer