Senin, 28 Januari 2019 15:16

Kota Bandung Masih Kekurangan ASN

ilustrasi
ilustrasi [net]

Limawaktu.id - Secara keseluruhan Pemerintah Kota Bandung mengalami kekurangan 4.320 orang pegawai negeri sipil (PNS), karena banyaknya yang pensiun. Selain tenaga pendidikan dan kesehatan, Pemkot Bandung membutuhkan tenaga lapangan yang ditempatkan di kelurahan maupun kecamatan.

Di sisi lain, sesuai dengan instruksi presiden bahwa perangkat daerah tidak lagi diperkenankan untuk mengangkat pegawai non ASN (aparatur sipil negara) dengan apapun alasannya. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Bandung pun akan mengeluarkan surat serupa sebagai bentuk tindak lanjut. 

“ASN itu kan ada dua jenis: PNS dan P3K. Sekarang ada masa peralihan selama lima tahun. Dinas/instansi tidak lagi boleh menambah non PNS. Untuk mengisi kekosongan pelayanan, yang sudah ada tidak distop. Terpenting prinsipnya tidak menambah, perpanjang saja yang sudah ada,” beber Kepala BKPP Kota Bandung Yayan Ahmad Brillyana, di Balai Kota Bandung, Senin (28/12).

Di sisi lain, Yayan mengemukakan, tahap pemberkasan CPNS 2018 Kota Bandung sudah selesai pada 24 Januari 2019 lalu. Dari 786 orang yang lolos pada tahap tersebut, ada dua orang yang tidak melakukan pemberkasan. 

“Calon yang bersangkutan mengundurkan diri. Yang satu karena memilih bekerja di tempat lain, yang satu karena ada program ke luar negeri,” ungkapnya. 

Untuk dua posisi CPNS yang ditinggalkan, Yayan mengatakan, posisinya berhak diisi oleh peserta yang peringkatnya ada di bawah kedua orang tersebut. Namun demikian masih akan ada proses pengajuan terlebih dahulu ke pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara. 

“Biasanya celah ini yang dimanfaatkan para oknum untuk menjualbelikan formasi. Makanya kami imbau kepada peserta yang masih punya harapan jangan percaya buaian oknum yang mengiming-imingi akan masuk CPNS karena ada dua orang yang mengundurkan diri. Sekali lagi, formasinya hanya akan diisi oleh peserta yang peringkatnya ada di bawah kedua orang tersebut,” seru dia. (*)

Baca Lainnya