Senin, 4 Desember 2023 18:42

Korps Armed Tingkatkan Alutsista dan Personil Sesuai Perkembangan Zaman

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Cimahi - Menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang makin canggih, Korps Armed harus menyesuaikan, sesuai dengan moto Tri Sandya Yuddha artinya harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Modernisasi alutsista dan personil Armed  harus semakin maju,” ungkap Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed ) Mayjen TNI  M. Naudi Nurdika, S.IP., M.Si., M.Tr.(Han), usai Peringatan HUT ke-78 Armed, yang digelar di Pusdik Armed, Jalan Baros Kota Cimahi, Senin (4/12/2023).

Menurutnya, dengan modernisasi alutsista  yang dilakukan Armed saat ini Korps Armed memiliki Astros maupun  Meriam 155 Caesar yang didalamnya dioperasikan dengan komputerisasi dan penuh dengan tekhnologi.

“Dengan kecanggihan teknologi yang dimiliki Korps Armed, sumber daya manusianya harus menyesuaikan,” katanya.

Sementara terkait dengan prestasi Korps Atmed, dalam Operasi Militer Perang (OMP), Korps Armed sudah melakukan dengan alutista yang dimiliki, Korps Armed juga dilibatkan dalam melakukan penjagaan wilayah perbatasan.

“Ada dua batalyon yang dilibatkan di wilayah perbatasan yaitu Yon Armed 10 dan Yon Armed 16 yang ditugaskan di wilayah perbatasan Kalimantan Barat. Mereka berhasil mencegah penyelundupan Narkoba sampai total mencapai 85 kilogram,” sebutnya.

Perayaan HUT ke-78 Armed TNI AD bertema "Armed TNI AD Patriot NKRI" digelar megah di Lapangan Pusdikarmed Pussenarmed sebagai puncak rangkaian hari ulang tahun Korps Armed TNI AD.

Peringatan tahun ini tema yang diangkat adalah “Armed TNI AD Patriot NKRI”, Tema ini mengandung makna bahwa seluruh prajurit armed TNI AD harus solid dan kompak serta memiliki komitmen yang sama untuk membela dan menegakkan kedaulatan NKRI.

Acara perayaan ini sekaligus syukuran dan momentum kebersamaan perjalanan Korps Armed menuju puncak kejayaan.

Naudi berharap seluruh jajaran Armed untuk bersama berkomitmen dalam rangka membangun kebanggaan dan kejayaan Korps Artileri Medan sebagai bagian dari TNI AD dengan wujudkan Korps Armed yang PRIMA (Profesional, resonsif, Integratif, Modern, Adaptif) melalui peningkatan kemampuan alutsista berbasis teknologi, penggelaran satuan armed berpedoman pada strategi pertahanan negara serta penguatan kualitas sumber daya manusia.

Perwakilan Pati Armed, Letjen TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh, S.H., M.Si. mengungkapkan,  momentum untuk merefleksi dan evaluasi diri untuk capaian dari Korps Armed secara terukur dari masa tahun 2023 ini. Tolak ukur yang profesional dan proporsional dapat ditempuh dengan perlombaan Binsat Armed sehingga dapat menilai dan evaluasi hasil kinerja selama ini.

"Saya yakin Armed masa depan semakin bagus dan modern tentunya ini hasil dari penanaman dasar-dasar yg baik dari pembinaan korps dan kesisteman Armed oleh para senior pendahulu." pungkasnya.

 

Baca Lainnya