Sabtu, 4 Desember 2021 21:04

Korps Armed Tetap Konsisten Menjaga Kedaulatan NKRI

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Letusan meriam sapu jagat peninggalan bersejarah menjadi tradisi tahunan dan mewarnai  peringatan HUT Korps Artileri Medan (Armed) ke-76 yang digelar di Taman Kartini, depan Markas Pusat Kesenjataan Artileri Medan (Pussenarmed) Jalan Baros, Kota Cimahi, Sabtu (4/12/ 2021).

Tak sekedar penembakan meriam sapu jagat, momentum Hari Jadi Armed ke-76 kali juga dilakukan secara berbeda  dengan mengusung  tema Garden Party di Taman kartini, salah satu hutan kota di wilayah kota Cimahi dan merupakan hasil kerjasama antara Pussenarmed Kodiklatad dengan Pemerintah Kota Cimahi.

Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI AM Putranto mengapresiasi capaian yang telah dilaksanakan oleh Pussenarmed dalam pengembangan mutu sumber daya manusia serta peningkatan sarana alutsista yang dimiliki oleh Korps Artileri Medan saat ini.

“Saya harapkan apa yang dilakukan saat ini akan memacu tampilnya pemimpin-pemimpin yang berkualitas,” jelasnya.

Komandan Pussen Armed Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengungkapkan, selain dilakukan syukuran, sebelumnya juga ada sejumlah kegiatan yang digelar seperti olahraga maupun baktis social berupa perbaikan rumah warga yang tidak layak huni atau lebih dikenal dengan bedah rumah, serta pameran satuan Armed dari seluruh Indonesia.

"Di acara ini ada stand - stand dari satuan jajaran Armed TNI AD seluruh Indonesia yang menampilkan pakaian adat, kreasi budaya dan makanan khas dari daerah masing - masing satuan jajaran Armed TNI AD. Konsep ini kita pilih agar terlihat humanis dan tidak kaku," terangnya.

Menurutnya,  Sebelum dilaksanakannya acara ini beberapa kegiatan sudah dilaksanakan di Seluruh  satuan jajaran Armed Se- Indonesia antara lain donor darah, jalan sehat, bakti sosial, bedah rumah, fun bike, doa bersama, ziarah dan pembacaan ikrar prajurit Armed TNI AD.

Totok menjelaskan,  Korps  Armed TNI AD mempunyai tugas pokok menjaga kedaulatan negara. Selain itu Armed TNI AD yang tidak hanya memberikan bantuan tembakan kepada pasukan manuver tetapi sekarang Armed TNI AD mempunyai strategi Artillery Strike.

“Kami juga me-Launching aplikasi FAR, WLR ( Weapon Locating Radar ) dan Kaleidoskop.  Acara ini juga  tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus  Covid-19,” pungkasnya.

 

Baca Lainnya