Sabtu, 5 Desember 2020 11:03

Korps Armed Lakukan Modernisasi Alutsista

Reporter : Bubun Munawar

Kota Cimahi - Untuk mendukung pertahanan negara dan system persenjataan di lingkungan Korps Artileri Medan, Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Medan Mayjen TNI Dwi Jati Utomo berharap terjadi digitalisasi persenjataan Armed dimasa depan.

Hal itu disampaikannya, usai Peringatan HUT ke-75 Korps Armed yang digelar di  Markas Pussenarmed TNI AD, Jalan Baros Kota Cimahi, Jum’at (4/12/2020).

Menurut Dwi Jati, dengan adanya modernisasi alutsista, akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Armed pada perubahan taktik bertempur infanteri serta perkuatan lainnya. Armed TNI AD juga akan berubah menyesuaikan dengan jenis alutsista yang dimilikinya serta pengaruhnya terhadap kecabangan lain.

Menurut Dwi Jati, kehadiran Astros maupun Caesar di lingkungan Armed terjadi sekitar enam tahun terakhir ini, dimulai pada 2014 hingga saat ini. Awalnya, alutsista yang dimiliki Armed merupakan peninggalan perang dunia ke-2. Keberadaan meriam yang dimiliki Armed ini menambah  kemampuan dan jarak capai  alutsista Armed.

Tak hanya itu, kata Dwi Jati, alutsista yang dimilki Armed juga nantinya akan didukung dengan adanya radar, untuk mendeteksi dimana keberadaan musuh, karena dengan terdekteksinya musuh akan menjadikan bahan bagi prajurit Armed dalam menggunakan Alutsista di medan tempur.

“Secanggih apapun alutsista tidak akan tepat jika kita tidak mengetahui dimana titik musuh berada, karenanya kami berencana akan melengkapi persenjataan yang ada dengan radar,” katanya.

Dwi Jati berharap pada resntra berikutnya akan terjadi digitalisasi alutsisita dilingkungan Armed. Alutsista yang selama ini masih manual, pihaknya memimpikan untuk terjadi perubahan kearah digital, sehingga akan mengoptimalkan tugas di medan tempur.

“Pak Kasad sendiri menginginkan agar terjadi digitalisasi alutsista di lingkungan Armed,” pungkasnya.

Baca Lainnya