Rabu, 28 November 2018 18:08

Kontruksi Kereta Cepat di Utama Cimahi Segera Dibangun, Kabar Baik atau Buruk?

Reporter : Fery Bangkit 
Proyek PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).
Proyek PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Proses kontruksi pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung di wilayah Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi segera dimulai dalam waktu dekat.

Hal itu terungkap dalam sosialisasi yang dilakukan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) di Aula Kelurahan Utama, Jalan Raya Nanjung, Rabu (28/11/2018).

Baca Juga : Jam Kerja Proyek KCIC di Cimahi Langgar Hukum

Dalam sosialisasi yang disampaikannya, Manajer KCIC Wilayah Cimahi, Keke Chen mengatakan bahwa pihaknya akan memulai kontruksi mega proyek itu, dengan dimulai perataan bangunan sisa yang dibongkar.

"Setelah lahan diratakan, akan pasang pembatas. Setelah dipasang, baru buka panel milik Jasa Marga untuk masuk alat berat ke lapangan," katanya.

Khusus di Kelurahan Utama, ada beberapa wilayah yang akan dilintasi proyek itu. Di antaranya RW 2, 10, 12, 14 dan 16.

Lurah Utama, Neneng Mastoah mengatakan, menurut informasi yang diterimanya, proses kontruksi akan dimulai setelah sosialisasi ini berlangsung. Akan segera dilaksanakan seminggu setelah. Waktu tepatnya silahkan tanyakan dengan KCIC," ujarnya.

Neneng mengklaim, sejauh ini belum ada laporan yang masuk dari warga soal keluhan dari pembangunan kereta cepat itu. Sampai sejauh ini tidak ada laporan warga yang merasa dirugikan terkait pelaksanaan kegiatan kereta cepat," tuturnya.

Hanya saja, lanjut dia, salah satu yang jadi permasalahan di Kelurahan Utama belum dibebaskannya lahan milik PT Sinar Continental (SC) di RW 10. Pasalnya, lahan yang akan dibebaskan di perusahaan itu terdapat mesin utama produksi pabrik.

"Pihak KCIC masih koordinasi terus dengan pihak SC," ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer