Jumat, 15 September 2017 19:24

Kontingen Kabupaten Bandung Ikuti Temu Nasional Sibat

News Temu Nasional Sibat
75 Kontingen Sibat Bandung
75 Kontingen Sibat Bandung [limawaktu doc]

Bojongsoang - Sekertari PMI Kabupaten Bandung, Entang Sukandar, melepas kontingen Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Kabupaten Bandung, ke acara temu Sibat Nasional, yang berlangsung di Gunung Pancar Kabupaten Bogor pada 16 hingga 20 September 2017. Pelepasan tersebut berlangsung di Kantor Desa Bojongsoang, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jumat (15/6).

Entang mengatakan, temu sibat nasional akan banyak peluang dan informasi yang bisa didapatkan, sehingga momen itu harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik. "Tergantung nanti memanfaatkan untuk mencari mencari pengalaman, atau ilmu baru. Sehingga apa yang kita dapatkan di temu sibat Nasional nantinya itu dapat diaplikasikan di kecamatan kita masing-masing," kata Entang saat ditemui di Kantor Desa Bojongsoang.

Entang juga berharap, apa yang didapatkan dalam temu sibat nasional nantinya bisa diterapkan di wilayah masing-masing, diantaranya, berbagai pengalaman dan lainnya, supaya bisa menciptakan masyarakat di Desa bisa menangani setiap bencana agar mandiri. "Jangan sampai masyarakat yang terkena bencana seolah-olah cuma meminta-minta. Tapi bagaimana agar mereka mandiri," ungkapnya.

Menurutnya, pembukaan kegiatan tersebut akan berlangsung pada Minggu (17/9) di Bogor, oleh Wakil presiden RI Jasuf Kala. "Mudah-mudah pak JK selaku ketua PMI pusat bisa membuka langsung kegiatan ini, selain Pak JK, akan hadir juga tamu dari 5 negara yaitu Swiss, Amerika, Denmark, Belanda, dan Australia. Sedangkan yang di utus dari Jawa Barat hanya wilayah, Kaupaten Bandung, Karawang, Bekasi dan Bogor," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bojongsoang, Rusli menuturkan, para peserta ini merupakan perwakilan dari Kabupaten Bandung yang diberangkatkan sebanyak 75 orang, dari Dua Kecamatan, yakni Desa Bojongsoang dari Kecamatan Bojongsoang, Desa Dayeuhkolot dan Sukapura dari Kecamatan Dayeuhkolot. "Dari Desa Bojongsoang ada 18 personil, diantaranya 16 anggota Sibat, Kepala Desa dan Perangkat Desa. Besok berangkat pukul 05.00 dari Desa Bojongsoang," tuturnya.

Dia berharap, pertemuan Sibat Nasional ini bisa saling pengalaman, sehingga ada wawasan baru, pengalaman baru, karena ini acara Jambore Nasional PMI se indonesia. "Mudah-mudahan nanti ada pengalaman, kalau masalah kebencanaan para sibat sudah siap siaga, baik evakuasi, dapur umum dan kebutuhan lainnya," pungkasnya. (lie)