Kamis, 23 Agustus 2018 22:14

Konsumsi Listrik Cimahi-KBB Capai 10.300 MW/Bulan

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi.
Illustrasi. [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Konsumsi Listrik masyarakat Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) per bulannya mencapai 10.300 MegaWatt (MW) per bulan.

"Kalau rata-rata per hari itu 345 MegaWatt. Pemakaian tertinggi 480 MegaWatt, terenda 219 MegaWatt," terang Heru Purwoko, Manajer PLN Area Cimahi saat ditemui di Gardu Induk Cibabat, Jln. Sentral, Kamis (23/8/2018).

Total pelanggan yang sudah tercover PLN Area Cimahi di dua wilayah tersebut mencapai 658.483 pelanggan yang terbagi ke dalam tujuh rayon, yakni Rayon Prima Cibabat, Cimahi Kota, Lembang, Cimahi Selatan, Cililin dan Padalarang.

Saat disinggung dampak musim kemarau terhadap pasokan listrik, diakui Heru memang ada dampak terhadap Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata, salah satu pemasok listrik di area Cimahi-KBB.

Meski begitu, kata Heru, secara keseluruhan musim kemarau ini tidak berdampak terhadap pengurangan daya dan pasokan terhadap pelanggan. Sebab, kata dia, untuk daya cadangan saja, pihaknya masih memiliki 399 MW dari Subsistem Bandung Selatan dan 172 MW dari PLTA Cirata.

"Secara pasokan belum terpengaruh, masih cukup aman," tandas Heru.

Baca Lainnya