Selasa, 28 Agustus 2018 14:44

Konsumsi Ikan di Kota Cimahi Masih di Bawah Standar

Reporter : Fery Bangkit 
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana (baju abu-abu) Bersama Para Pejabat dan Anak-anak Tengah Menyantap Ikan dalam Acara Sosialisasi dan Promosi Gemarikan di Selasar Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa(28/8/2018).
Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana (baju abu-abu) Bersama Para Pejabat dan Anak-anak Tengah Menyantap Ikan dalam Acara Sosialisasi dan Promosi Gemarikan di Selasar Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa(28/8/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi diketahui masih rendah. Hingga akhir tahun 2017, konsumsi ikan penduduk kota mungil ini hanya sebesar 11,87 kg/kapita/tahun.

Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana yang didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Huzein Rachmadi menjelaskan, penyebab masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Kota Cimahi dikarenakan masih ada masyarakat yang kekurangan pengetahuan tentang gizi dan manfaat dama mengkonsumsi ikan.

Baca Juga : Gemar makan Ikan, Sehat dan Mencerdaskan

"Juga disebabkan masih adanya anggapan bahwa makan ikan kurang bergengsi atau identik dengan kemiskinan," jelasnya saat ditemui dalam acara 'Sosialisasi dan Promosi Gemar Ikan serta Pemberian Makanan Tambahan lahan Ikan pada Balita' di Selasar Gedung B Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (28/8/2018).

Idealnya, kata Ngatiyana, konsumsi ikan masyarakat Kota Cimahi itu sekitar 48 kg/kapita/tahun. Jadi, kata dia, konsumsi ikan masyarakat yang hanya 11,87 kg/kapita/tahun dinilai belum optimal.

Untuk meningkatkan konsumsi ikan, lanjut Ngatiyana, pihaknya terus menggalakan gemar ikan. Termasuk dengan acara sosialisasi hari ini terhadap 425 orang perwakilan masyarakat Kota Cimahi.

"Sosialisas dan promosi ini menekankan pentingnya ikan untuk meningkatkan gizi dan kualitas hidup masyarakat," jelasnya.

Baca Lainnya