Kamis, 18 Mei 2023 10:00

Konser Jabar X Melbourne Symphony Orchestra Kolaborasi Jabar dan Australia

Reporter : Iman
Konser Jabar X Melbourne digelar di Universitas Parahyangan, Bandung,  Rabu (17/5/23)
Konser Jabar X Melbourne digelar di Universitas Parahyangan, Bandung, Rabu (17/5/23) [IST]

Kota Bandung, Limawaktu.id - Kolaborasi budaya melalui musik hadir dalam konser Jabar">Jabar X Melbourne Symphony Orchestra di Auditorium Universitas Parahyangan, Kota Bandung, Rabu malam (17/5/2023).

Jabar yang diwakili grup musik Samba Sunda berkolaborasi dengan Melbourne Symphony Orchestra (MSO) melalui sajian karya komponis internasional.

Sejumlah anak muda Jabar yang lolos seleksi dalam kegiatan Youth Music Camp 2023 juga ikut ambil bagian dalam konser orkestra tersebut.

Ini merupakan bukti jika musik tradisional asal Jabar dapat berpadu harmoni dengan orkestra yang menjadi wujud kolaborasi hangat dan harmonis antara Jabar dan Victoria, Negara Bagian Australia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Benny Bachtiar dalam sambutannya sebelum konser dimulai menyatakan, melalui musik hubungan individu, kelompok bahkan bangsa dapat menjadi lebih harmonis.

"Musik merupakan produk budaya yang bersifat universal mampu menembus batas dunia. Keberagaman musik akan semakin indah jika dikemas secara harmonis dan menjadi harmoni akar budaya yang berbeda," kata Benny Bachtiar.

Perpaduan musik yang dapat menguatkan jalinan hubungan individu, kelompok hingga bangsa inilah yang menjadi ide dan konsep awal menggelar konser Jabar X Melbourne Symphony Orchestra.

Konser ini perdana dilakukan di Jabar, dimana musik etnik yang biasa dibawakan Samba Sunda berpadu dengan musik klasik orkestra dari MSO.

Diawali dengan berbagai kegiatan seperti Youth Music Camp 2023 yang mengajak anak muda Jabar untuk terlibat dalam konser malam ini.

Managing Director MSO Sophie Galaise menyatakan rasa terima kasihnya kepada Pemda Provinsi Jabar yang memberikan kesempatan bagi MSO menggelar konser di Bandung.

"Terima kasih atas sambutan hangatnya dan antusiasme anak muda Jabar untuk terlibat dalam pertunjukan dan mengikuti Youth Music Camp, " ujar Sophie Galaise.

Ia berharap kerja sama ini akan berlanjut karena konser di Bandung telah menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

"Saya berharap di masa depan akan kembali lagi ke Kota Bandung yang ramah. Menjadi memori yang menyenangkan bermain di sini, " tuturnya.

Konser orkestra ini terselenggara atas kerja sama Pemda Provinsi Jabar, Universitas Katolik Parahyangan, Melbourne Symphony Orchestra, Jendela Ide Indonesia, Kreasi Jabar, dan Bank BJB.

Baca Lainnya