Sabtu, 10 Februari 2018 20:12

Kongres Advokat Indonesia Dukung Tindakan KPK Terhadap Fredrich Yunadi

Reporter : Jumadi Kusuma
​Rakernas Kongres Advokat Indonesia (KAI)  yang berlangsung selama dua hari, Jumat sampai Sabtu (9-10/2/18) di Hotel El-Royale Kota Bandung.
​Rakernas Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang berlangsung selama dua hari, Jumat sampai Sabtu (9-10/2/18) di Hotel El-Royale Kota Bandung. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Rakernas Kongres Advokat Indonesia (KAI) 2018 mendukung kinerja KPK yang menindak oknum advokat Fredrich Yunadi yang disangka menghalang-halangi pemberantasan korupsi, jangan sampai citra advokat sebagai penghambat penegakan hukum, demikian salah satu rekomendasi KAI yang berlangsung selama dua hari Jumat sampai Sabtu (9-10/2/18) di Hotel El-Royale Kota Bandung.

Rakernas yang berlangsung untuk kedua kalinya tersebut mengambil tema Membangun Soliditas dan Kualitas Organisasi Untuk Menjaga dan Menguatkan Marwah KAI Sebagai Organisasi Advokat Pejuang.

Sekjen KAI Aprillia Supaliyanto mengatakan advokat sebagai bagian dari unsur penegak hukum ingin mengambil peran posisinya, "Bukan rahasia lagi ada disharmoni lembaga penegak hukum dalam melakukan penegakan hukum, karena itu KAI memberikan sikap mendukung apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan KPK dalam pemberantasan tindak pidana korupsi".

Menurutnya walaupun KPK bukan dewa akan tetapi KAI tetap mendukung selama KPK on the track dengan tidak menghilangkan daya kritis, "KPK juga harus memberikan hak-hak hukum advokat ketika sedangm menjalankan tugas dan fungsinya untuk melakukan pendampingan sebagaimana diatur KUHP", ungkasnya.

Baca Lainnya