Minggu, 22 Oktober 2017 23:27

Komunitas PLH PGPI Bantu Korban Puting Beliung

Anggota PLH PGPI bahu membahu bersama masyarakat membantu membetulkan genting rumah warga
Anggota PLH PGPI bahu membahu bersama masyarakat membantu membetulkan genting rumah warga [limawaktu]

Limawaktu.id - Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup Persaudaraan Gunung Puntang Indonesia (PLH PGPI) turun kembali melakukan kegiatan sosial untuk membantu sesama yang kali ini dilakukan untuk membantu korban puting beliung di Desa Cempaka Mulya, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Minggu (22/10/2017). Bencana tersebut terjadi pada Sabtu (21/10/2017) sore, sekitar pukul 16.00 WIB.

Ketua PGPI, Risman Firmansyah mengatakan, pihaknya sengaja mengerahkan puluhan anggota untuk membantu para korban puting beliung. Maka, selaku organisasi pecinta lingkungan hidup, pihaknya cepat bergerak untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam tersebut.

"Ini sudah menjadi kewajiban kami untuk membantunya. Kami memulai di Desa terdekat dulu yaitu Kampung Pasir Panjang, Desa Campaka Mulya, pasalnya di daerah tersebut ada puluhan rumah yang diterjang angin puting beliung," kata Risman saat diwawancara dilokasi kejadian.

Lebih jelas Risman mengungkapkan, ketika mendengar kabar terjangan angin puting beliung di wilayah tersebut, pihaknya langsung menyebarkan informasi ke anggota PLH PGPI terkait kejadian tersebut, dan pada Sabtu malam langsung merencanakan untuk pergerakan kegiatan yang akan dilakukan besok dengan beberapa pengurus dan anggota berdasarkan data dari anggota yang telah melakukan pengecekan ke lokasi bencana tersebut.

Ketua PLH PGPI Risman Firmansyah, ikut serta membantu korban puting beliung.

"Dengan gotong royong kami saling membantu dengan masyarakat maka proses memperbaiki rumah dapat diselesaikan dengan cepat," ungkapnya.

Saat ditanyai organisasi PLH PGPI, Risman pun mengatakan, bahwa PLH PGPI didirikan tahun 1996. Dengan tujuan, untuk turut berpartisipasi dalam penanggulangan bencana alam yang sifatnya sukarela. Maka dari itu semenjak didirikannya organisasi PLH PGPI yang sekretariatnya berada di Kawasan Gunung Puntang,  Kabupaten Bandung Selatan, untuk membantu para korban bencana, seperti Banjir, longsor, Sunami, gempa bumi, puting beliung dan lainya.

"Demi kemanusiaan, kami didik para anggota supaya membantu dengan sukarela tanpa ada iming-iming sedikit pun," imbuhnya.

Terpantau di lapangan, puluhan anggota PLH PGPI bergotong royong membantu warga yang terkena dampak terjangan Angin puting beliung. Mereka membantu tanpa mengenal lelah dan penuh dengan semangat. (lie)*