Jumat, 28 September 2018 15:26

Komitmen Kota Cimahi Lanjutkan Sejarah Bebas Rabies

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas Puskeswan Kota Cimahi Tengah Memeriksa Hewan Jenis Kucing dalam Acara 'Hari Rabies Sedunia dan Launching Siempus' di Puskeswan Kota Cimahi, Jln. Sukimin, Jum'at (28/9/2018).
Petugas Puskeswan Kota Cimahi Tengah Memeriksa Hewan Jenis Kucing dalam Acara 'Hari Rabies Sedunia dan Launching Siempus' di Puskeswan Kota Cimahi, Jln. Sukimin, Jum'at (28/9/2018). [Fery Bangkit/limawaktuid]

Limawaktu.id, - Pemerintah Kota Cimahi berkomitmen bebas rabies dengan memaksimalkan pelayanan vaksinasi dan pemusnahan hewan yang terjangkit penyakit itu.

Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dalam acara 'Hari Rabies Sedunia dan Launching Siempus' di Puskeswan Kota Cimahi, Jln. Sukimun, Jum'at (28/9/2018).

"Sejak tahun 1994, Cimahi itu tidak ada rabies, dan kita harus komitmen menjaga itu," imbuh Ajay.

Dikatakannya, seluruh tim dan fasilitas yang ada di Puskeswan Kota Cimahi akan terus dioptimalkan untuk meminimalisir terjadinya penyakit rabies di Kota Cimahi. Salah satunya dengan memaksimalkan pelayanan, baik pelayanan di Puskeswan maupun pelayanan keliling.

Para pegawai dai dokter hewan yang terdiri dari 10 pegawai dan lima dokter dewan melayani dari mulai pengobatan hewan hingga vaksinasi terhadap hewan.

"Puskeswan ini sudah sangat diminati masyarakat. Setiap hari pelayanan sampai 40 ekor hewan," bebernya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cimahi, Huzen Rachmadi menambahkan, fasilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskeswan merupakan sala satu yang terbaik di Jawa Barat.

"Secara umum fasilitas Puskeswan salah satu terbaik di Jawa Barat. Dan SDM-nya juga terbaik Jawa Barat," ujarnya.

Untuk sementara ini, Puskeswan Kota Cimahi meliputi pelayanan pengobatan, operasi kecil dan operasi besar. Namun, saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan pelayanan.

"Kita tetap harus tingkat. Rawat inap saat ini sedang dibangun," tandasnya.

Baca Lainnya