Jumat, 18 Februari 2022 14:11

Kolam Retensi Solusi Atasi Banjir

Reporter : Bubun Munawar
Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung  bekerjasama membuat kolam retensi di Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. untuk mengantisipasi banjir di perbatasan.
Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung bekerjasama membuat kolam retensi di Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi. untuk mengantisipasi banjir di perbatasan. [Humas Cimahi]

Limawajtu.id,- Untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Cimahi dan Kota Bandung, dua pemerintah daerah setempat bekerjasama membuat kolam retensi di Kelurahan Pasirkaliki Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.

Saat ini, Kolam retensi tersebut  mulai difungsikan untuk menampung air. Tujuannya untuk mengurangi dampak banjir di sejumlah titik di Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi dan Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana secara resmi memfungskan kolam retensi tersebut. Keduanya bersama para pejabat Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung menaiki perahu karet.

Dia menyebutkan, Dari 1 hektare lahan yang disediakan Pemkot Cimahi, seluas 6.000 meter persegi di antaranya digunakan untuk kolam retensi dengan kapasitas hingga 28 ribu meter kubik. Pengerukannya dilakukan oleh Pemkot Bandung.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, pembuatan kolam retensi ini merupakan kerjasama yang terjalin baik antara Pemkot Cimahi dengan Pemkot Bandung.

"Alhamdulilah berkat kerjasama, ternyata sekarang sudah diresmikan dan ini bisa mengurangi banjir yang ada di Cimahi dan Bandung," katanya.

Sementara, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebutkan, pembuatan kolam retensi ini merupakan kerjasama antara Pemkot Cimahi dan Pemkot Bandung dalam menanggulangi persoalan banjir di perbatasan.

"Lahan ini disiapkan oleh kota Cimahi, kami dari Pemkot Bandung secara swakelola melaksanakan pembuatan kolam ini, yang penting secara fungsi ini bisa digunakan," kata Plt Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Jum’at (18/2/2022).

Dikatakan Yana, meski belum rampung 100 persen namun kolam retensi tersebut sudah berfungsi untuk mengurangi dampak banjir di wilayah tengah yang masuk ke Kota Bandung maupun Kota Cimahi.

"Kemarin juga mulai dirasakan di beberapa titik mengurangi banjir. Semoga kerjasama ini dapat diterapkan di sektor kerjasama lain," ujarnya.

 Sekedar informasi, kolam retensi yang berada di Pasirkaliki tersebut merupakan salah satu kenangan yang ditinggalkan mendiang Oded M Danial. Sebelum meninggal dan menjabat Wali Kota Bandung, almarhum Oded M Danial sempat menghadiri acara groundbreaking pembuatan embung tersebut.

 

Baca Lainnya

Topik Populer