Sabtu, 26 Maret 2022 11:05

Kolaborasi Disnaker Kota Cimahi, Industri dan Lembaga Pelatihan Atasi Pengangguran

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mengatasi persoalan pengangguran tak bisa dilakukan oleh pemerintah saja, namun butuh kontribusi dari masyarakat, dunia industri dan lembaga pendidikan. Karena itulah Disnaker Kota Cimahi menggandeng industri dan lembaga pendidikan untuk memberikan keterampilan kepada para pencari kerja di Kota Cimahi.


Melalui Kolaborasi yang dilakukan antara Disnaker, LPK Dress Making dan PT. Sansan Saudaratex Jaya, belum lama ini dilakukan pelatihan menjahit busana industri  yang diikuti oleh 150 orang calon tenaga kerja dari Kota Cimahi.

“Kami memiliki tugas untuk mengurangi jumlah pengangguran di Kota Cimahi, karenanya kami lakukan pelatihan kepada 150 orang selama 20 hari untuk dilatih menjahit busana insdutri,” terang Kepala Disnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik, belum lama ini.

Menurutnya, kegiatan tersebut dilakukan dengan menggandeng lembaga pendidikan dan industri untuk bersama-sama mendukung program pengurangan jumlah pengangguran di Kota Cimahi. Pihaknya menggandeng PT.  Sansan Saudaratex Jaya serta Lembaga Pendidikan Keteranpilan (LPK) Dress Making.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Plt wali kota yang  sudah focus dan  konsen terhadap penurunan angka pengangguran, terimakasih juga kami sampaikan  kepada PT. Sansasn Saudaratex Jaya  dan Dress Making,” katanya.

Dia berharap,  melalui pelatihan ini peserta akan lebih siap untuk masuk dunia kerja di industri, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat dan mengimbangi terjadinya pasar bebas saat ini, mengikuti pelatihan merupakan cara efektif untuk dapat mengejar ketertinggalan.

Sedangkang HRD PT. Sansan Saudaratex Jaya Mahdaleva mengungkapkan, PT. Sansan melakukan kerjasama dengan Disnaker dan Dress Making ini untuk memenuhi kebutuhan di perusahaannya serta dalam  menyerap tenaga kerja di Kota Cimahi dan mengurangi jumlah penganguran.

“150 orang yang telah diilatih menjahit busana ini  akan ditempatkan sebagai pekerja di PT. Sansan Saudaratex Jaya,” jelasnya.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Kota Cimahi Ayis Lavilianto mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Disnaker, Dress Making dan PT. Sansan Saudaratex Jaya, karena selain memberikan keterampilan menjahit kepada para peserta, juga menempatkan para peserta menjadi karyawan di PT. Sansan Saudaratex Jaya.

“Terimakasih kami ucapkan atas terselenggaranya pelatihan ini, karena tak sekedar melaksanakan pelatihan tanpa adanya tindak lanjut, tetapi peserta pelatihan ditempatkan untuk menjadi karyawan di PT. Sansan Saudaratex Jaya,” pungkasnya.  

Baca Lainnya

Topik Populer