Rabu, 20 Maret 2024 13:44

Kolaborasi dengan Pengusaha Lokal, Pemerintah Bangun Bandara Singkawang

Penulis : Bubun Munawar
Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi meresmikan Bandar Udara Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu (20/3/2024). [(Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)]

Limawaktu.id, Singkawang – Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, dirinya mendampingi Presiden Jokowi untuk meresmikan Bandara Singkawang. Bandara ini dibangun pemerintah berkolaborasi dengan pengusaha lokal. Skema ini bisa diduplikasi di daerah lain untuk bisa mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Keberadaan Bandara Singkawang akan meningkatkan konektivitas, pertumbuhan ekonomi, potensi wisata, dan menciptakan lapangan kerja khususnya di Singkawang. Cocok untuk yang mau liburan ke Singkawang karena banyak tempat wisata yang keren di sini,” ungkap Erick di akun pribadinya, Rabu (20/3/2024).

Peresmian Bandara Singkawang dilakukan Presiden RI  Joko Widodo, yang dihadiri antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Turut hadir pula para pengusaha asli Singkawang antara lain Presiden Direktur Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma atau yang akrab disapa Aguan.

"Yang saya hormati Pak Aguan beserta seluruh pengusaha yang asli dari Singkawang, yang telah banyak berpartisipasi pada pembangunan bandara ini," ujar Jokowi saat peresmian Bandara.

Jokowi bersyukur bisa meresmikan operasional Bandara Singkawang. Pembangunannya dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) dan juga tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) dari para pengusaha asli dari Singkawang.

Jokowi melanjutkan, Bandara Singkawang dibangun menggunakan APBN senilai Rp 272 miliar. Kemudian dari pengusaha Rp 155 miliar.

Baca Lainnya