Selasa, 14 Agustus 2018 13:55

Kok Puluhan Sarang Lebah Dibius, ini Penjelasan Damkar Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas Damkar Cimahi sedang Memusnahkan Sarang Tawon.
Petugas Damkar Cimahi sedang Memusnahkan Sarang Tawon. [Istimewa]

Limawaktu.id - Keberadaan sarang Lebah atau tawon menjadi atensi bagi. Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota cimahi.

Pasalnya, sarang lebah tersebut terdapat di area rumah-rumah milik warga. Dikhawatirkan keberadaan lebah tersebut akan mengancam keselamatan.

Sejak Januari hingga 13 Agustus 2018, petugas Damkar Kota Cimahi telah menerima dan memusnahkan sebanyak 22 sarang tawon di Kota Cimahi.

"Iya saya pikir kita cukup sering menangani hal itu (pembasmian sarang tawon)," kata Dadan Darmawan, Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (14/8/2018).

Dikatakan Dadan, untuk penanganan keberadaan tawon di rumah warga, biasanya pihaknya menerima laporan terkait ancaman lebah. Kemudian, petugas dari Pemadam Kebakaran melakukan survey.

Setelah melakukan survey, dengan menggunakan peralatan yang dimiliki petugas Damkar akan langsung melakukan evakuasi dan pemusnahan sarang lebah tersebut.

"Masyarakat itu laporan ke nomor layanan Damkar (022-6658113 atau 113). Nanti dengan dasar laporan mereka survey," ujar Dadan.

Selain penanganan terhadap sarang tawon, pihaknya juga kerap melakukan penanganan terhadap kejadian darurat lainnya. Dadan mencontohkan, bila ada kejadian penemuan ular yang dianggap berbahaya, maka pihaknya pun akan melaksanakan penanganan.

"Kemudian kalau ada binatang yang membahayakan, terus misalnya ada hewan memerlukan pertolongan, ya kita tolong," tutur Dadan.

Kepala Seksi Penangguulangan dan Penyelamatan Damkar Kota Cimahi, Rully Sulfanorida menambahkan, dalam penanganan sarang lebah ini, pihaknya biasanya menggunakan dua cara.

"Ada 2 (dua) dua, cara kita bisa bakar atau dengan pembiusan," terangnya.

Baca Lainnya