Jumat, 23 Oktober 2020 16:50

Kodim 0609 Siap Siagakan Stakeholders Kebencanaan

Penulis : Bubun Munawar

Cimahi – Agar saling melengkapi diantara stakeholders kebencanaan di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam antisipasi pengurangan resiko bencana, Dandim 0609 Cimahi Letkol (Kav) Tody Wahyudi berharap mereka sudah siap siaga menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi di Kota Cimahi dan KBB.

Hal tersebut disampaikan Tody, usai apel Kesiapsiagaan Bencana yang dilaksanakan di Makodim 0609/Cimahi, jalan Gatot Subroto, Kota Cimahi, Jumat (23/10/20).

Tody menyebutkan, stakeholders kebencanaan yang terlibat dalam pelaksanaan apel banyak yang memiliki potensi dibidangnya masing-masing, sehingga harus dilakukan koordinasi yang baik.

“Pada hari ini apel diikuti beberapa komunitas, Pemerintah Kota Cimahi, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dan OPD lain, yang mempunyai potensi dan peralatan yang baik." sebutnya.

Menurutnya, potensi yang dimiliki setiap stakeholders harus diketahui satu sama lain. Sebab jika terjadi suatu permasalahan kebencanaan nanti bisa diketahui komunitas mana yang mampu menangani permasalahan dengan segera.

Sementara dalam menekan penyebaran Covid-19 diwilayah Kodim 0609 Cimahi, Dandim menyatakan, pihaknya terus melakukan operasi yustisi bersama Pemda dan kepolisian ditengah masyarakat. Ada kesulitan yang dialami dengan adanya kluster rumah tangga, sehingga tidak mungkin petugas langsung mendatangi rumah warga secara keseluruhan.

“Meningkatkan kesadaran masyarakat salah satu cara yang efektif dilakukan, dalam menanggulabgi kluster rumah tangga ini,” pungkasnya.

Baca Lainnya