Jumat, 5 Oktober 2018 17:27

Kodam III/Siliwangi Terjunkan Ribuan Personil ke Lombok dan Donggala

Reporter : Iman Mulyono
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai Apel HUT ke-73 TNI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (05/10).
Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan saat memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan usai Apel HUT ke-73 TNI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (05/10). [istimewa/limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI, Besar Harto Karyawan menyatakan jika Kodam III/Siliwangi telah mengirimkan personelnya ke daerah-daerah terdampak bencana di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. 

Menurutnya, sebanyak 1.000 sampai 2.000 TNI selalu dikirim untuk membantu korban bencana di daerah terdampak. Pada saat terjadi bencana di Lombok, ungkap dia, pihaknya juga tanggap dan langsung mengirimkan personelnya.

"Begitu ada kejadian gempa bumi, TNI tanggap untuk segera mengirim pasukannya. Demikian juga saat peristiwa di Palu dalam satu hari kita merekrut personel untuk mendata, menyiapkan, mengirimkan personel kesana," kata Harto usai upacara HUT ke-73 TNI di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Jumat (05/10).

Dikatakan Harto, TNI selalu cepat dan tanggap dalam mengirimkan personel dan memberikan bantuan bagi para korban kebencanaan. Dirinya menyebut TNI selalu mempersiapkan personel saat mengetahui adanya bencana yang terjadi.

"TNI selalu lakukan persiapan personel untuk diterjunkan ke lokasi, terutama personel yang berkaitan dengan kesehatan dan evakuasi," kata dia.

Harto menyatakan, kesiapsiagaan personel TNI diterjunkan ke lokasi bencana untuk menolong masyarakat dikarenakan selain harus menjadi garda terdepan bangsa, pihaknya juga memiliki peran untuk membantu setiap warga negara di Indonesia.

"Apa yang kita lakukan dan kerjakan semuanya untuk rakyat, sebab TNI berasal dari rakyat dan untuk rakyat," kata dia.

Baca Lainnya