Minggu, 20 Juni 2021 17:29

KMC Ekspresikan Nasionalisme dengan Festival Musik Kebangsaan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada hal berbeda dilakukan Komunitas Musik Cimahi (KMC) dalam menanamkan nilai nasionalisme . Para musisi Cimahi  yang sudah sejak lama berkiprah di dunia musik ini,  akan menggelar Festival Musik Kebangsaan yang  dilaksanakan secara live Virtual di Gedung Cimahi Technopark dalam waktu dekat.   

Ketua Pelaksana Festival Musik Kebangsaan Asep Kobra mengungkapkan, ada 13 band yang akan menjadi peserta festival yang dilakukan secara gratis ini . Animo peserta cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan ini, namun karena keterbatasan waktu yang diberikan pengelola Gedung Cimahi Technopark, peserta pun dibatasi.

“Banyak pemusik luar Cimahi ingin ikut serta, tetapi panitia hanya diberikan waktu hingga pukul 4 sore, sehingga banyak yang kami tolak,” ungkapnya, Minggu (20/6/2021).

Dikatakannya, awalnya pelaksanaan festival akan dilakukan pada 26 Juni 2021, tetapi karena kondisi Kota Cimahi yang masuk Zona Merah penyebaran Covid-19 , Pemerintah Kota Cimahi tidak memberikan izin pelaksanaan kegiatan tersebut  untuk menghindari penyebaran virus Korona. Padahal panitia sudah menempuh seluruh perizsinan yang ditentukan.

“Sebenarnya kami ingin pelaksanaannya pada 26 Juni 2021, tetapi karena situasi pandemi, kita ikuti saja apa yang menjadi keputusan pemerintah dalam hal ini Pemkot Cimahi,” katanya.

Kobra menyebutkan, dalam pelaksanaannya festuival dilakukan secara live virtual dengan penonton terbatas dan penerapan protokol Kesehatan sangat ketat. Dengan kebijakan dari Satgas Covid-19 Kota Cimahi pelaksanaanya ditunda dulu sampai ada keputusan dari pemerintah.

Salah seorang peserta Festival Musik Kebangsaan Asep Fajar sangat respek dan mengapresiasi apa yang dilakukan Komunitas Musik Cimahi (KMC) ini, karena sudah berinisiatif untuk menggelar even yang mereflesikan kecintaan kepada tanah air Indonesia.

Tak hanya itu, kata dia, even ini memberikan ruang bagi para peserta untuk mengekspresikan karya musiknya ditengah situasi pandemic yang belum usai. Para pegiat seni banyak yang tidak memiliki kesempatan untuk tampil dipentas, sehingga even ini memberikan ruang bagi pegiat seni khususnya di dunia music untuk tetap eksis dan berkarya.

“Saya sangat respek denga napa yang dilakukan oleh para musisi yang tergabung didalam Komunitas Musik Cimahi,” jelasnya.

Sedangkan Iwan Setiawan, Koordinator Rumah Aspirasi Agung Budi Santoso menyebutkan, di Kota Cimahi banyak musisi yang sudah eksis di dunia music, tak hanya tingkat kota saja tetapi  eksistensinya sudah berskala nasional. Dengan even ini, pihaknya berharap agar para pegiat seni khususnya dibidang musik untuk tetap berkarya meskipun ditengah pandemi yang masih berlangsun.

“Meskipun ditengah situasi pandemic tetapi kreativitas bermusik berjalan terus,” pungkasnya.

 

    

Baca Lainnya