Jumat, 29 September 2017 23:23

Klinik Amanah Berkembang Bersama BPJS Kesehatan

pasien sedang diperiksa di klinik
pasien sedang diperiksa di klinik [Ilustrasi]

Limawaktu.id,- Anda ingin melihat layanan peserta BPJS Kesehatan yang terbilang berhasil? Ada baiknya mendatangi Klinik Amanah di Jalan Kolonel Maturi Nomor 22 Cimahi, Jawa Barat.

Klinik ini adalah fasilitas kesehatan tingkat primer yang jadi provider BPJS Kesehatan.

Sejak beroperasi secara penuh 1 Januari 2014, BPJS Kesehatan disambut antusias masyarakat. Itu terlihat dari jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan yang terus meningkat dan tercatat per 1 September 2017 jumlah peserta mencapai 180 juta jiwa. Antusiasme masyarakat terhadap BPJS Kesehatan juga nampak dari kunjungan peserta ke berbagai fasilitas kesehatan baik tingkat primer seperti klinik dan puskesmas serta rujukan seperti RS.

Pimpinan sekaligus pemilik klinik Amanah di Kota Cimahi, dr Tety Rosminda menjelaskan, Klinik Amanah mengelola 7771 peserta JKN BPJS Kesehatan. Jumlah peserta yang ditangani klinik Amanah itu tidak serta merta seperti sekarang. “Bahkan saya ingat betul saat awal bergabung menjadi provider BPJS Kesehatan pada 2010, peserta yang terdaftar di klinik ini hanya 10 orang saja.

"Secara perlahan semakin banyak peserta JKN BPJS Kesehatan yang memilih klinik Amanah sebagai tempat berobat.” kata Tety.

Dia mengatakan, klinik yang dipimpinnya itu melayani pasien mulai pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB dengan dua jam praktek. Guna memenuhi persyaratan kinerja sebagaimana ditetapkan BPJS Kesehatan, klinik tersebut didorong memberi pelayanan kepada pasien setiap hari dengan jumlah jam sesuai yang ditentukan.

Menurut Tety, kliniknya melayani peserta 24 jam tidak cocok dan cenderung tidak efektif. Sebab, sangat jarang pasien menyambangi klinik malam hari. Jika terjadi keadaan darurat peserta biasanya langsung ke RS, tidak ke klinik.

"Kinik Amanah cukup ramai dikunjungi oleh peserta. Tidak kurang dalam satu hari sebanyak 50-60 pasien datang berobat. Dengan keluhan mayoritas mengenai ISPA, jantung, dan diabetes, " sebutnya.

Klinik Amanah tidak hanya ramai dikunjungi peserta JKN BPJS Kesehatan dari Cimahi saja, namun juga dari wilayah lain seperti Bandung Barat. Tersedia pula fasilitas apotek di klinik Amanah.

"Saya sangat bersyukur klinik kami menjadi provider BPJS Kesehatan karena merupakan kebanggan dapat melayani peserta JKN." ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa di era JKN BPJS Kesehatan juga lebih baik dalam banyak hal. Pendapatan FKTP meningkat dan terkontrol, pelayanan kesehatan untuk pasien juga lebih baik.

"Harapan kami, kerjasama yang telah terjalin dengan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi dapat berjalan seterusnya dan lancar tanpa hambatan yang berarti," pungkasnya.(*/bun)