Kamis, 24 Mei 2018 12:15

Kesbang Cimahi Larang Ormas/LSM Lakukan Sweeping Selama Ramadan

Reporter : Fery Bangkit 
Kepala Kesbang Kota Cimahi, Totong Solehudin.
Kepala Kesbang Kota Cimahi, Totong Solehudin. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi meminta Ormas/LSM tidak melakukan Sweeping ilegal selama bulan Ramadan.

Pasalnya, kata Kepala Kesbang Kota Cimahi, Totong Solehudin, aksi sweeping dapat mencederai kondusifitas yang terjaga selama ini di Kota Cimahi.

"Kesbang sudah berupaya mengajak semua kompenen untuk sama-sama membangun dan menjaga suasana yang kondusif," kata Totong saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Kamis (14/5/2018).

Ormas/LSM yang terdaftar di Kesbang Kota Cimahi mencapai 387. Totong meyakini, seluruh Ormas/LSM yang terdaftar itu akan tetap menjaga kondusifitas selama bulan ramadan dan seterusnya.

Pasalnya, kata dia, sejak lama pihaknya telah melakukan merangkul dan melakukan pembinaan terhadap Ormas/LSM. Pembinaan dilakukan dengan berbagai cara.

Di antaranya kegiatan Forum Group Discusion (FGD), melakukan pembinaan secara persuasif, Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) dan lain-lain.

"Di Cimahi Ormas-nya baik-baik karena kita sudah jauh merangkul," ujar Totong.

Perihal stigma negatif yang kerap dialamatkan terhadap Ormas/LSM, menurut Totong permasalahan tersebut dikarenakan adanya pemahaman yang terputus.

Baca Lainnya