Jumat, 2 Maret 2018 19:55

Kesal Jalan Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Mekar Jaya KBB Tanam Pisang Hingga Ancam Golput pada Pilkada 2018

Reporter : Fery Bangkit 
Desa Mekar Jaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat.
Desa Mekar Jaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Warga Desa Mekar Jaya Kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat mengancam 'golput' pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Pasalnya, warga kesal lantaran jalan rusak yang tak kunjung diperbaiki. Jalan tersebut melintas diempat RW di Kampung Cihamirung, Rancaeceng, Maroko, dan Warung Doyong dengan total panjang sekitar 2,5 kilometer.

Buntut dari kekesalan itu, sepanjang jalan yang rusak ditanami pohon pisang. "Warga di sini sudah kesal, wajar kalau melampiaskan kekecewaan dengan aksi seperti ini dan mengancam golput karena sudah tak percaya lagi sama kepala daerah," ujar warga sekitar, Asep (40), Jum'at (3/2/2018).

Kepala Desa Mekar Jaya Ipin Sujana mengakui jalan di wilayahnya tersebut rusak sudah lama. Sepengetahuannya perbaikan terakhir dilakukan pada tahun 2007. Padahal akses jalan ini sangat penting bagi warga yang hendak ke pasar, bekerja, sekolah, dan juga ke Dermaga Maroko milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Ini akses utama dan satu-satunya, tapi kondisinya rusak parah," ujarnya.

Sebenarnya, lanjut dia, pihaknya sudah mengajukan upaya perbaikan ke Pemerintah Kabupaten Bandung Barat pada saat Musrenbang 2016 dan 2017, tapi hingga kini belum ada realisasi perbaikan.

Bahkan yang mengejutkannya adalah jalan tersebut kini telah beralih statusnya dari jalan kabupaten menjadi jalan poros desa. Padahal, sejak KBB dimekarkan tahun 2007 jalan itu statusnya sudah menjadi jalan kabupaten.

"Jadi sepertinya ada saling lempar kewenangan, kabupaten menganggap ini jalan desa. Sedangkan kami juga menilai ini jalan kabupaten karena sampai kini kami belum menerima SK bukti penyerahan terkait jalan ini kalau memang menjadi jalan desa," tandasnya.

Baca Lainnya