Rabu, 19 Mei 2021 15:34

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Dilanjut Hingga Surabaya

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo, untuk melihat progres pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,Rabu (19/5/2021)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden Joko Widodo, untuk melihat progres pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung,Rabu (19/5/2021) [Istimewa]

Limawaktu.id,- Awal 2022 pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung sudah memasuki tahap pemasangan rel kereta, sehingga akhir tahun diperkirakan sudah bisa mengangkut penumpang pertama.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mendampingi Presiden Joko Widodo, untuk melihat progres pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung yang sudah 73%.

“Insyaallah Awal tahun depan sudah mulai dipasang rel keretanya, sehingga jika lancar akhir tahun depan sudah bisa mengangkut penumpang pertama,” ungkapnya, Rabu (19/5/2021).

Dia menyebutkan, dengan teknologi bor tercanggih, proyek ini berhasil membuat 13 terowongan di berbagai perbukitan. Dengan diameter terbesar hampir 14 m, ada  1 terowongan panjangnya 4,2 km. dan merupakan terpanjang di Indonesia.

Menurut Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pembangunan kereta api cepat tersebut tak hanya berhenti sampai Bandung saja, namun direncanakan tahap berikutnya adalah lanjut ke Bandara Kertajati-Yogyakarta-Solo-sampai Surabaya.

“Semoga pembangunannya berjalan lancar dan bermanfaat untuk kemajuan Indonesia. Aamiin,” katanya.

Sementara, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berharap proyek Kereta cepat Jakarta-Bandung bisa dilanjutkan hingga ke Surabaya.

"Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, kita berharap dari pembangunan kereta cepat (Jakarta-Bandung) ini, ada transfer teknologi untuk SDM-SDM kita mampu menangkap dan mengambil ilmu. Dan ke depan, diharapkan kereta cepat bisa diteruskan hingga Surabaya," jelasnya

Baca Lainnya