Minggu, 18 September 2022 10:10

Kendaraan Listrik Sebagai Kendaraan Masa Depan

Reporter : Iman Nurdin
Kendaraan bertenaga listrik menjadi alternatif kendaraan masa depan
Kendaraan bertenaga listrik menjadi alternatif kendaraan masa depan [istimewa]

Bandung (limawaktu.id),- Imbauan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil agar pejabat beralih menggunakan kendaraan listrik diamini Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Jabar, Ahmad Hidayat. Energi listrik sebagai pengganti bahan bakar minyak pada kendaraan menjadi keniscayaan.

Dia menegaskan bahwa Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Rencana Umum Energi Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018-2050 merupakan landasan menggalakan kendaraan listrik. Hal ini dalam Perda tersebut, Pemda Provinsi Jabar memiliki target-target berkenaan energi baru terbarukan (EBT) di semua sektor, termasuk transportasi dan industri.

“Ditengah-tengah kenaikan harga BBM yang tidak bisa dihindari, Kendaraan listrik akan menjadi solusi bagi warga yang senang memakai kendaraan listrik,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Bandung, Sabtu (17/9/2022).

Namun Ahmad Hidayat pun berharap, setiap Bupati/Wali kota bisa membuat kebijakan tentang pentingnya angkutan publik. Karena dengan begitu lanjut Ahmad, selain bisa lebih mengirit pemakaian BBM, persoalan kemacetan pun akan teratasi.

“Coba sekarang bayangkan, setiap rumah minimal punya dua motor. Semuanya memakai motor pada jam yang sama. Gimana tidak macet. Beda kalau ada tranportasi masal yang nyaman diperkuat dengan Perda, pasti akan sangat efektif,” katanya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer