Sabtu, 3 Februari 2018 17:59

Kenali Lagi Ciri dan Cara Pencegahan Virus Difteri

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi
Ilustrasi [Pixabay]

Limawaktu.id - Kasus Difteri pertama di Kota Cimahi langsung merenggut nyawa anak bernama Muhammad Dicki (5). Warga asal Kampung Babakan Kidul RT 04/04 Kelurahan Cigugur Tengah Kecamaan Cimahi Tengah itu dilaporkan meninggal pada Kamis, 1 Januari 2018.

Atas kejadian tersebut, Dinas Kesehatan Kota Cimahi meminta masyarakat lebih aktif melaporkan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat, seperti Puskesmas dan klinik bila menemukan gejala difteri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi menjelaskan, gejala Kejadian Luar Biasa (KLB) itu memiliki Ciri-ciri seperti demam mencapai 38 derajat celcius, adanya selaput putih keabu-abuan pada tenggorokan.
"Sakit nelen, leher membengkak seperti leher sapi dan sesak nafas disertai bunyi (stridor)," jelas Pratiwi, Sabtu (3/2/2018).

Penularan difteri cukup mudah. Sumber penularan adalah manusia, baik sebagai penderita maupun bawaan. Seseorang dapat menyebarkan bakteri melalui droplet pernapasan (cipratan air liur) infeksi atau melalui muntahan.

"Kontak erat dengan penderita akan memudahkan penularan apabila sistem imun sedang menurun," terangnya.

Untuk pencegahannya, khusus bagi bayi 0-11 bulan wajib mendapatkan tiga dosis imunisasi dasar DPT-HB-Hib pada usia dua, tiga dan empat bulan. Kemudian saat usia 18 bulan diberikan kembali satu dosis DPT-HB-Hib.

Bagi anak usia Sekolah Dasar (SD) kelas I, wajib mendapatkan satu dosis imunisasi. Kelas II dan V wajib mendapatkan imunisasi Td.

Selain itu, Pencegahan juga harus dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah dan lingkungannya masing-masing.

Pola PHBS bisa dilakukan dengan cara persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, ASI eksklusif selama enam bulan, menimbang bayi dan balita, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik di rumah, makan sayur dan buah setiap hari, melakukan aktifitas fisik setiap hari serta tidak merokok dalam rumah.

Baca Lainnya