Senin, 27 Januari 2020 14:30

Kenali Baik-baik Gejala Virus Corona, Bila Merasakannya, Segeralah Bawa ke Dokter

ilustrasi virus corona
ilustrasi virus corona [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Dinas Kesehatan Kota Cimahi meminta masyarakat aktif memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan. Terutama yang merasakan demam, batuk hingga kesulitan untuk bernapas.

Pemeriksaan kesehatan bagi yang merasakan gejala-gejala tersebut penting dilakukan untuk mencegah penularan Coronavirus (2019-nCoV). Sebab demam, batuk dan sulit bernafas merupakan gejala virus asal Wuhan, China itu.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan, khusus di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), pihaknya sudah mengintruksikan apabila ada pasien yang mengeluhkan gejala serupa Coronavirus untuk dilakukan skrinning.

"Yang penting itu skrinning kalau misalkan demam, batuk, susah nafas. Kalau suspek itu harus diisolasi," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Senin (27/1/2020).

Dikatakannya, Dinkes Kota Cimahi pun sudah mengintruksikan apabila ada Warga Negara Asing (WNA), khususnya dari China yang mengeluhkan gejala corona virus agar dilayani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Periksa saja. Sudah disiapkan APD (Alat Pelindung Diri), seperti masker, respiratorr dan sebagainya," sebutnya.

Dikatakan Rini, sapaan Chanifah, apabila hasil pemeriksaan di Puskesmas menunjukan pasien terduga terpapar Coronavirus, maka harus dirujuk rumah sakit yang menyediakan ruang isolasi.

"Di RSUD Cibabat ada ruang isolasi. Tapi akan dilihat tingkat keparahannya, kalau parah akan dirujuk ke RSHS," tuturnya.

Rini menjelaskan, Corona virus memang sase fatality-nya ini dibawah 5 persen. Namun jika tidak terdeteksi, virus yang juga disebut 2019-nCoV itu dapat memicu pnuemonia, sindrom pernapasan akut, hingga komplikasi gagal ginjal hingga kematian.

"Yang dikhawatirkan menularnya cepat. Jadi pneumonia-nya itu yang harus diputus," ucapnya.

Sebagai pencegahan dan kewaspadaan dini, sebagainya untuk menghindari kontak dengan pasien yang diduga terpapar Coronavirus. Selain itu yang terpenting adalah daya tahan tubuh harus tetap kuat.

"Terpapar atau tidak bagaimana daya tubuh. Semakin kuat, maka semakin kecil juga tertular. Sering cuci tangan dan terapkan pola PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat)," imbuh Rini. 

Baca Lainnya