Senin, 30 Mei 2022 13:28

Kemendagri Izinkan Gubernur Perpanjang DLN, Jabar Sementara Dipimpin Wagub

Reporter : Iman Nurdin
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan Kemendagri izinkan gubernur perpanjang DLN, Jabar  sementara dipimpin wagub
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan Kemendagri izinkan gubernur perpanjang DLN, Jabar sementara dipimpin wagub [Iman Nurdin]

Kota Bandung (limawaktu.id), - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengumumkan  izin Dinas Luar Negeri (DLM) Gubernur Jabar Ridwan Kamil diperpanjang dari  29 Mei hingga 4 Juni 2022.   Permohonan Izin  tersebut inisiatif dari pemerintah provinsi Jawa Barat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena alasan adanya musibah.

Demikian dikatakan Setiawan dalam  konferensi pers di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/05/2022) pagi. Keputusan mengambil cuti untuk memberi waktu bagi Gubernur ikut proses pencarian  Emmeril Khan Mumtadz.

"Pada tanggal 28 Mei, Kemendagri memberikan izin kepada Ridwan Kamil dengan izin keperluan penting," kata Setiawan.

Menurut Setiawan, izin cuti dari Kemendagri dengan catatan, pemerintah dan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan. Untuk itu, Kemendagri memberi mandat hingga 4 Juni kepada Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum.

"Dalam surat ini disebutkan, pemerintahan di Jawa Barat harus terus berjalan. Dan selama Gubernur izin, dipimpin oleh Wakil Gubernur yang harus berkoordinasi dan bertanggung jawab kepada  bapak Gubernur," papar Setiawan.

Dengan demikian, lanjut Setiawan, selama dalam kurun 4 Juni 2022 pemerintahan dipimpin oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Selama kepemimpinan tersebut tetap berkoordinasi. Sementara tanggung jawab masih dipegang oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Setiawan kembali menegaskan,  Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebelumnya telah izin untuk perjalanan dinas ke luar negeri hingga tanggal 28 Mei 2022. Izin tersebut meliputi  21- 23 Mei 2022 berada di Italia membicarakan masalah pembaharuan energi. Kemudian, pada 24- 26 Mei kunjungan ke  Inggris berbicara dan berdiskusi di Universitas membahasa soal capacity building.. Dan tanggal 27 hingga 28 Mei di Swiss pembahas soal waste management.

"Melanjutkan pembicaraan di Bandung, di Swiss, Pak gubernur melanjutkan pembicaraan tentang waste management," ujarnya.

Setiawan  berterima kasih pada seluruh masyarakat Jabar yang sejauh ini turut mendoakan terkait musibah yang dialami Ridwan Kamil. Dia berharap, ada Jalan terbaik untuk keluarga Gubernur Ridwan Kamil. 


Sementara adik kandung Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman mengapresiasi inisiatif  pada Pemprov Jabar untuk mengajukan izin pada Kemendagri untuk Gubernur Ridwan Kamil. 

"Dua hari lalu saya ditelepon Kang Emil, menanyakan soal izin karena posisi masih di Luar Negeri padahal dinas hari Senin harus sudah dinas di Bandung. Jadi, menanyakan apakah bisa ada situasi yang memungkinkan untuk masih di Swiss," paparnya.

"Alhamdulillah sebelum menghubungi, Pemprov telah berinisiatif dan mengusulkan izin. Dan Kang Emil yakin sistem bisa berjalan dan Pemprov Jabar melayani masyakarat dengan optimal," katanya. 

Sementara itu, Elpi juga berterima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo yang telah menghubungi langsung Ridwan Kamil di Swiss.  Komunikasi tersebut menandakan presentasi rakyat Indonesia.

"Komunikasi Pak Presiden selaku kepala negara dan kepala pemerintahan kepada Ridwan Kamil di Swiss, ini membesarkan hati bagi kami keluarga " ucapnya.

Baca Lainnya