Jumat, 24 Mei 2019 17:07

Kembangkan Ekonomi Kota Cimahi Lewat Technopark

Reporter : Fery Bangkit 
 Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan Kepala BPPT, Hammam Riza saat meninjau aktifitas Gedung Cimahi Techno Park (CTP), Jalan Raya Baros, Cimahi Selatan, Jumat (24/5/2019).
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dan Kepala BPPT, Hammam Riza saat meninjau aktifitas Gedung Cimahi Techno Park (CTP), Jalan Raya Baros, Cimahi Selatan, Jumat (24/5/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Badan Pengkajian dan Penerapan teknologi (BPPT) menilai, Kota Cimahi sukses mengembangkan program Science dan Techno Park (STP). Bahkan, masuk 10 terbaik di Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala BPPT, Hammam Riza saat meninjau aktifitas Gedung Cimahi Techno Park (CTP), Jalan Raya Baros, Cimahi Selatan, Jumat (24/5/2019).

"Alhamdulillah Cimahi merupakan salah satu techno park terbaik di Indonesia," ujar Hammam.

Dikatakannya, berdasarkan peninjauan yang dilakukan BPPT hari ini, pengembangan CTP sangat pesat. Baik dari pengembangan industri teknologi. Terutama pengembangan animasinya.

"Cimahi kami harapkan menjadi best pratice bagi Indonesia dalam mengembangkan science teknologi techno park," kata Hammam.

STP sendiri merupakan program Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisetdikti). BPPP menjadi salah satu lembaga yang ditugaskan untuk membuat dan mengembangkan techno park di Indonesia.

Awalnya, ungkap Hammam, pihaknya merencanakan 15 techno park di Indonesia. Salah satunya di Kota Cimahi. Namun diakuinya tidak semua berjalan sesuai harapan karena bermasalah dengan finansial dan komitmen.

"BPPT dulu ada 15 techno park yang sebenarnya kita rencanakan. tapi tidak semuanya bisa berjalan.

Hammam berharap, dengan semakin berkembangnya CTP ini bisa semakin memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi di Kota Cimahi. "Iya kita harapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," tandasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, unsur Pemerintah Kota Cimahi selalu berdiskusi untuk membahas perihal pengembangan CTP. Sebab, pihaknya menginginkan keberadaannya bisa membawa dampak terhadap ekonomi di Kota Cimahi.

"Harapan semuanya target tercapai. Bagaimana sumber daya manusia di Cimahi menjadi sumber daya manusia, minimal bisa mengembangkan buat dirinya, idelanya buat bangsa," ujarnya. 

Baca Lainnya