Jumat, 19 Maret 2021 12:53

Kelurahan Tangguh Bencana Antsipasi Kebencanaan Berbasis Masyarakat

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mengoptimalisasi keberadaan Kelurahan Tangguh Bencana. Dalam kurun 5 tahun, ditargetkan 15 kelurahan se-Kota Cimahi menjadi Kelurahan Tangguh Bencana.

Hal itu  terungkap saat Penutupan Kegiatan Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi tengah Kota Cimahi, Jum’at (19/3/2021). Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 60 orang perwakilan masyarakat berbagai unsur mengikuti pelatihan dan materi terkait kebencanaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi Asep Bachtiar mengungkapkan, sejauh ini dari 15 Kelurahan yang ada di Kota Cimahi sudah sepuluh kelurahan  yang menjadi Kelurahan Tangguh Bencana.

"Wilayah Cimahi Utara sudah 4 kelurahan ditambah 6 kelurahan di Kecamatan Cimahi Tengah yang  menyelenggarakan pelatihan Kelurahan Tangguh bencana atau Katana. Targetnya seluruh kelurahan di Cimahi menjadi Kelurahan Tangguh Bencana," sebutnya.  

 Menurutnya, Keberadaan Kelurahan Tangguh Bencana diharapkan bisa memunculkan relawan-relawan dari masyarakat.

"Harapan kami, Kelurahan Tangguh Bencana tersebut bisa meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengantisipasi dan kesiapsiagaan saat menghadapi bencana. Minimal, kalau terjadi bisa menyelamatkan diri," jelasnya.

 Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana diperlukan sebagai antisipasi penanganan bencana. Kelompok masyarakat ini akan jadi penggerak di kelurahan masing-masing manakala terjadi bencana, mereka bakal turun tangan bersama masyarakat. Mudah-mudaha peserta atau Katana ini siap bergerak apabila terjadi bencana di Kecamatan Cimahi Tengah khususnya, umumnya di Kota Cimahi.

“Saya berharap Katana ini setiap saat siap digerakkan untuk membantu jika terjadi bencana, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi masyarakat Kota Cimahi,” ucap Ngatiyana.

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer