Minggu, 31 Januari 2021 10:28

Kelurahan Sukamiskin jadi Wilayah Percontohan Kawasan Bebas Sampah

Reporter : Wawan Gunawan
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengunjungi tempat peternakan ayan yang dilakukan warga Kelurahan Sukamiskin
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengunjungi tempat peternakan ayan yang dilakukan warga Kelurahan Sukamiskin [net]

Limawaktu.id,- Kangpisman atau Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan Sampah merupakan konsep menyeluruh tentang lingkungan. Yang sudah dipraktekan oleh RW-RW teladan di Kota Bandung, Konsep ini dinilai sudah memberi perubahan pada peningkatan kebermanfaatan lingkungan.


Menurut Wali Kota Bandung Oded M Danial, Konsep Kang Pisman yang dilakukan di Kelurahan Sukamiskin sudah memberikan buktinya.


"Kangpisman di RW I, RW II, RW VI, RW XVII di Kelurahan Sukamiskin menjadi bukti pengelolaan lingkungan yang baik," ujarnya, Minggu (31/1/2020).

Dikatakan Oded, RW I melimpah dengan ayam, magot dan telur ayamnya. Bahkan telur ayam dijadikan alat apresiasi, jika ada warga yang disiplin memilah sampah, maka hadiahnya dibagikan telur ayam.


Tak hanya itu, Kolam retensi RW XVII dijadikan oleh warga sebagai keramba apung, sehingga di RW ini melimpah dengan ikannya. Sudah dua kali panen sekitar 22.000 ekor ikan lele yang sebagian dijadikan sarana sosial, dibagikan ke anak yatim dan untuk dijual.

Yang menarik adalah kolaborasi dari semua RW tersebut, masing-masing menyumbangkan kelebihan dan potensi di RW nya untuk bisa melengkapi kekurangan di RW lain,

"Ini adalah wujud harmonis di masyarakat yang ditunjang dengan inovasi oleh warganya. Saya sangat setuju perbanyak RW seperti ini. RW mandiri yang bisa menjaga lingkungannya dan memenuhi kebutuhannya," papar Oded. ⁣

Baca Lainnya