Kamis, 7 Juni 2018 16:49

Keluarga Besar Pussenarmed Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, - Danpussenarmed Kodiklatad Brigjen TNI Dwi Jati Utomo,S.I.P., M.Tr (Han) menggelar buka puasa bersama dan Peringatan Nuzulul Qur’an 1439H / 2018M dengan Prajurit, PNS dan Persit  Pussenarmed serta Anak Yatim Piatu sekitar Cimahi, bertempat di Lapangan Apel Mako Pussenarmed Cimahi, Rabu (6/06).

Tema yang diusung dalam acara peringatan Nuzulul Qur’an kali ini yaitu : “Dengan Hikmah Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an Dan Idul Fitri 1439H / 2018M Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Kepada Allah SWT Sebagai Landasan Moral Dalam Melaksanakan Tugas Pokok TNI”.

Danpussen dalam amanatnya menyampaikan, peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan wujud implementasi komitmen pemimpin TNI dan TNI AD dalam rangka meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan Sumber Daya Manusia yang merupakan kunci dan faktor utama keberhasilan pelaksanaan tugas.

Brigjen TNI  Dwi Jati Utomo mengatakan, para pendiri bangsa sudah memikirkan jika Indonesia memperoleh anugrah dari Allah SWT dengan keberagaman suku, bangsa, agama dan golongan, sehingga semboyan Bhineka Tunggal Ika sesuatu yang pas untuk kondisi bangsa Indonesia.

Dia mengatakan, dalam sejarah perkembangan Islam pun keberagaman itu dihormati. Buktinya saat Nabi Muhammad berhijrah dari Mekah ke Madinah, dalam pengelolaan negara saat itu dispakati adanya Piagam Madinah yang menghormati dan melindungi hak-hak kaum minoritas.

“ Saat itu, keberadaan kaum minoritas diakui dan dihargai dengan memberikan hak-haknya,  “ jelasnya.

Acara Peringatan Nuzulul Quran  juga diisi dengan tausiyah oleh KH. A Jafar Sodik, S.Ag., M.Si Pimpinan Ponpes Multi Media Bandung dan Pengasuh Yayasan Cahaya Qolbu TVRI Bandung. Dalam tausiyahnya KH. A.Jafar Sodik mengatakan bahwa semua manusia di dunia ini menyandang predikat kemuliaan dari Allah SWT sebagai mahluk yang sempurna, karena manusia itu memiliki dua unsur, yaitu unsur tanah dan unsur roh, dimana unsur roh ini tidak dimiliki oleh seluruh makhluk Tuhan lainnya.

Setelah tausiyah selesai selanjutnya diisi rangkaian berbuka puasa dan shalat magrib berjamaah kemudian shalat Isya serta shalat terawih.

Di akhir acara Danpussenarmed BrigjenTNI Dwi Jati Utomo,S.I.P.,M.Tr (Han) membagikan bingkisan kepada 50 orang anak yatim piatu dari Panti asuhan Yayasan Al.Iqbal jalan Pesantren Cihanjuang Cimahi.

 

Baca Lainnya