Rabu, 12 September 2018 19:31

Kekeringan di Batujajar, Ambil Air Bersih Harus Tempur Jarak Jauh

Reporter : Fery Bangkit 
Illustrasi.
Illustrasi. [Pixabay]

Limawaktu.id - Kelangkaan air cukup parah terjadi di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Untuk mandi dan memasak saja, warga terpaksa harus menempuh jarak ratusan meter dari rumahnya menuju sumber air yang masih tersedia.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Batujajar termasuk salah satu dari tujuh kecamatan yang dilanda Kekeringan parah dan membutuhkan pasokan air bersih untuk warga.

Wildan (32) salah seorang warga Kampung Cibungur, Desa Batujajar Timur mengakui, kelangkaan air bersih di wilayahnya sudah terjadi selama tiga bulan. Untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, warga biasanya memanfaatkan air yang hanya tersedia di sekitar area pembangunan panti asuhan di desa tersebut.

"Yang memanfaatkan air itu biasanya anak-anak panti asuhan, untuk mandi dan memasak. Ada juga warga yang biasa mengambil air dari sana, karena air memang sangat langka," kata Wildan, Rabu (12/9/2018).

Diakuinya, jika di musim hujan, air dengan gampang didapat dan cukup untuk mengairi sawah. Namun di saat kemarau, warga harus mencari sumber air lain atau terpaksa mengeluarkan uang untuk biaya pembuatan sumur bor sedalam 100 meter.

"Air dialirkan ke sebuah tempat penampung sebelum dipindahkan ke jerigen untuk dibawa pulang warga. Biasanya, setiap sore ada warga yang mengambil air secara cuma-cuma," bebernya.

Sementara itu, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, saat ini kelembapan udara rendah, hanya diatas ketinggian 3 km (700 MB). Sehingga di sebagian wilayah Jabar tidak mendukung pertumbuhan awan yang menyebabkan peluang terbentuknya hujan di beberapa wilayah Jabar, termasuk Bandung Raya.

Cuaca di Indonesia umumnya juga karena pengaruh siklon tropis Mangkhut yang berdampak pada perubahan cuaca di wilayah Indonesia, yaitu terjadinya gelombang laut dengan ketinggian antara 2.5 hingga 4 meter di perairan utara Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik bagian utara, Halmahera hingga Papua Barat, serta perairan di wilayah timur Indonesia.

Baca Lainnya