Sabtu, 1 April 2023 15:06

KEK Lido jadi Alternatif Tujuan Wisata

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum'at (31/3/2023)
Jokowi meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum'at (31/3/2023) [BPMI/Setpres]

Limawaktu.id,- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, infrastruktur yang dibangun pemerintah  secara besar-besaran beberapa tahun terakhir ini, dari bandara, pelabuhan, jalan tol, dan lain-lain, satu per satu sudah semakin terlihat manfaatnya dan dimanfaatkan oleh sektor swasta untuk mendapatkan nilai-nilai keekonomian.

Salah satunya, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. KEK Lido ini begitu lengkap. Di dalamnya akan ada theme park, movie land, waterpark, techno park, ada kawasan untuk otomotif, dan sebagainya. Saya berharap KEK Lido dapat menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk berwisata di dalam negeri,” ungkap Jokowi di akun instagramnya, Sabtu (1/4/2023).

Menurutnya,  KEK Lido yang aksesnya melalui jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang tersambung dari jalan tol Jagorawi.

“Saya berharap infrastruktur yang dibangun pemerintah di sejumlah daerah di Tanah Air disambungkan ke kawasan lainnya yang dapat memberikan manfaat yang besar. Bisa ke kawasan pertanian, perkebunan, hingga kawasan industri.

Berjarak 2 jam dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, KEK Lido berada di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dan dapat diakses menggunakan kereta api maupun transportasi darat melalui jalan tol. KEK Lido ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah nomor 69 tahun 2021 dengan kegiatan utama pariwisata yang diusulkan oleh PT MNC Land Lido yang telah berpengalaman dalam bidang industry kreatif, entertainment, dan pariwisata.

Lahan seluas 1040 Ha telah direncanakan untuk dibangun menjadi lokasi wisata dengan berbagai daya tarik, mulai dari theme park kelas dunia, golf course, studio film, music & arts center, hingga retail and dining.

Baca Lainnya