Selasa, 14 September 2021 13:15

Kebun Raya Cibodas Lakukan Estafet Kepemimpinan

Reporter : Bubun Munawar
Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya Cibodas [Wikipedia]

Limawaktu.id,-  Fitri Kurniawati MIL dipercaya untuk menggantikan Dr. Dian Latifah, M.App.Sc. memimpin Kebun Raya Cibodas. Sebelumnya, Fitri Kurniawati menjabat  Pranata Humas Ahli Muda di Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.

Siaran pers Humas Kebun Raya Cibodas menyebutkan, pergantian kepemimpinan ini dilakukan untuk mengestapetkan kepemimpinan di Kebun Raya Cibodas. Serahterima jabatan (Sertijab) berlangsung Ruang Rapat Gedung Pengelola Kebun Raya Cibodas, pada pukul 13.00,  Selasa (14/9/2012).

Sertijab  dihadiri oleh Plt. Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi, Dr. R. Hendrian, M.Sc., Kepala Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Hayati, Dr. Imam Hidayat, Kepala Kantor Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Dr. Sukma Surya Kusumah, S.Hut., M.Si., Ketua Tim  PME Ilmu Pengetahuan Hayati, Ahmad Fathoni, Ph.D., Koordinator Administrasi Penelitian di Cibodas, para eks sub Koordinator Layanan Kawasan Cibodas, dan General Manager PT Mitra Natura Raya Kebun Raya Cibodas.

Dr. Dian Latifah, M.App.Sc. sebagai kepala lama  menjabat sebagai Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas sejak tanggal 4 Januari 2021 menggantikan Dr. R. Hendrian, M.Sc. sebagai kepala sebelumnya.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko pada 3 September 2021  melantik Dr. Dian Latifah sebagai peneliti dan dengan dilantiknya Dr. Dian Latifah sebagai peneliti maka berakhir pula jabatan Dr. Dian Latifah sebagai Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, namun dalam masa transisi sebelum adanya kepala baru Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, Dr. Dian Latifah masih menjalankan tugasnya seperti biasanya.

Pada kesempatan Apel Pagi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) (13/09/21),  Kepala BRIN, Dr. Laksana Tri Handoko  mengangkat 3 pejabat baru sebagai Kepala Kantor Kebun Raya, yaitu Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas,  Fitri Kurniawati, M.IL,  Kepala Kantor Kebun Raya Purwodadi, Sugeng Budiharta, Ph.D,  dan Kepala Kantor Kebun Raya Bedugul Bali, I Made Ardaka, S.Si., M.Si. Dengan diangkatnya Kepala Kantor Kebun Raya Cibodas tersebut, pelaksanaan managerial Kantor Kebun Raya Cibodas terhitung tanggal 13 September 2021 dipegang oleh Fitri Kurniawati, M.IL

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko  berharap para pejabat yang baru dilantik ini dapat segera menjalankan tugas dan fungsinya dengan lebih semangat dan bertanggung jawab.

 “Para pejabat yang dilantik harus lebih  mendukung upaya BRIN dalam membangun ekosistem riset dan inovasi yang lebih baik, tidak hanya bagi periset BRIN, tapi juga komunitas riset secara nasional,” harapnya.

Sementara, Fitri Kurniawati mengatakan, Dengan jabatan yang baru saja diamanatkan dari Kepala BRIN kepadanya, dia  akan berupaya menjalankannya dengan baik serta akan berupaya mensukseskan seluruh program kerja dari OR Ilmu Pengetahuan Hayati dan Kepala Kantor Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dengan penuh tanggungjawab.

“Dengan keunikan karakter Kebun Raya Cibodas,  kondusifitas kinerja seluruh pegawai menjadi bagian pekerjaan perlu saya bangun dan sinergikan dengan harmonis kedepannya unk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman untuk seluruh sivitas Kebun Raya Cibodas dan BRIN,” pungkasnya.

Baca Lainnya