Selasa, 28 November 2017 21:58

KBB Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara, Elin S. Abubakar Berperan

Penghargaan yang diraih KBB selama ini tidak terlepas dari peran Hj. Elin S. Abubakar sebagai ketua Forum Kabupaten Sehat.
Penghargaan yang diraih KBB selama ini tidak terlepas dari peran Hj. Elin S. Abubakar sebagai ketua Forum Kabupaten Sehat. [limawaktu]

Limawaktu.id, - Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun ini kembali meraih Penghargaan Kabupaten atau Kota Sehat yaitu SWASTI SABA WISTARA dari Kemendagri dan Kemenkes, yang diberikan pada hari Selasa (28/11 2017), bertempat di ruang Sasana Bahakti Praja Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara, No. 7 Jakarta pusat.

Penghargaan Kabupaten atau Kota Sehat SWASTI SABA WISTARA adalah penghargaan tertinggi yang diraih setelah memenuhi 5 (lima) tatanan yang dinilai oleh tim penilai dari Kemenkes beberapa bulan yang lalu.
5 (lima) tatanan tersebut meliputi : kehidupan masyarakat sehat yg mandiri, kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum, kawasan pariwisata sehat, kawasan sarana lalulintas yang tertib dan pelayanan transportasi, ketahanan pangan dan gizi.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Nila F. Moelok menyerahkan penghargaan kepada para kepala daerah, termasuk diantaranya Bupati Bandung Barat, H. Abubakar.

“Terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Bandung Barat, ini semua berkat partisipasi kita menjadikan Bandung Barat Lebih Baik dan Lebih Sehat,” ujar Abubakar.

“Keberhasilan ini berkat kerja keras, kerja cerdas dan kerja sama semua jajaran kesehatan dan seluruh stakeholder terkait. Juga dibawah bimbingan Hj. Elin Suharliah Abubakar sebagai Ketua Forum KBB Sehat,” jelasnya.

Bandung Barat sebelumnya pada tahun 2015 telah meraih penghargaan yaitu SWASTI SABA WIWERDA dengan 3 tatanan yg dinilai.
Pada tahun 2013 Bandung Barat Juga mendapat penghargaan SWASTI SABA PADAPA dengan 2 tatanan yg dinilai.

"Dan selama Hj. Elin S. Abubakar menjabat sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat, penghargaan demi penghargaan terus di raih," tegas Abubakar.

Adapun strategi program KBB sehat yang telah disusun oleh tim pembina KBB Sehat dan Ketua Forum KBB sehat (Hj. Elin Suharliah Abubakar) adalah : 
1. melibatkan semua potensi yang ada di masyarakat dalam forum dan kelompok kerja sebagai penggerak kegiatan yang dilaksanakan,
 2. Forum didampingin oleh sektor teknis sesuai dengan potensi kawasan sehat melalui advokasi kepada penentu kebijakan, 
3. Mengembangkan kegiatan KBB Sehat sesuai dengan visi dan misi KBB dengan berbagai simbol atau moto; semboyan yang di pahami dan memberikan rasa bagi warganya, 
4. Mengembangkan informasi dan promosi yanh tepat sesuai dengan kondisi yang tepat baik berupa media cetak baik berupa eloktronik termasuk melalui internet dan media tradisional, 
5. Meningkatkan potensi ekonomi daerah dengan kegiatan yang menjadi kesepakatan masyarakat, 
6. Menjalin kerja sama dengan lembaga mitra yang melaksanakan kegiatan terkait kabupaten atau kota sehat. (ist)*


Caption: 
Penghargaan yang diraih KBB selama ini tidak terlepas dari peran Hj. Elin S. Abubakar sebagai ketua Forum Kabupaten Sehat. (Limawaktu)