Kamis, 18 Juni 2020 17:39

Kawanan Monyet Turun Gunung, Ambil Jajanan Warga di Lembang

Reporter : Fery Bangkit 
Kawanan Monyet Liar Menghampiri ke Permukiman Warga.
Kawanan Monyet Liar Menghampiri ke Permukiman Warga. [Net]

Bandung Barat - Kawanan monyet liar menyerbu Kampung Andir, RT 03/RW 06, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hingga membuat warga resah.

Sebab, kawanan monyet yang disebut dipimoin empat monyet berukuran besar itu kerap menghampiri permukiman warga. Seperti hingga di atap rumah warga. Satwa tersebut biasanya datang pada pagi hari dan sore untuk mencari makanan bahkan langsung mengambil dari warung warga.

"Kebetulan saya buka warung jadi memang monyetnya datang langsung ngambil makanan. Terakhir kemarin itu ngambil roti. Kalau dari rumah warga lainnya ya tanaman bahkan ambil baju di jemuran," ungkap Tuti Mekarsari (42), salah seorang warga sekitar saat ditemui, Kamis (18/6/2020).

Fenomena teror monyet liar yang kelaparan terjadi selama hampir empat bulan belakangan dan mulai menghampiri warung-warung warga baru terjadi sekitar seminggu belakangan.

"Kalau dulu kan makannya itu dari tempat sampah di bawah, tapi sekarang semakin maju malah sampai ke rumah-rumah warga. Ya kalau di sini agak ketakutan juga, takutnya melukai warga tapi sejauh ini memang belum ada yang jadi korbannya," ungkapnya.

Menurut Tuti, fenomena turunnya monyet ke permukiman warga kemungkinan akibat terganggunya habitat hewan primata itu dengan pembangunan tempat wisata yang ada di kawasan Lembang.

"Dulu kan di belakang itu hutan dan tebing habitat monyetnya, setelah wisata dibangun jadi terganggu. Apalagi buat makanannya kan jadi menipis makanya berani ke permukiman warga," bebernya.

Warga lainnya Yusuf Purwanto berharap dinas terkait maupun perangkat desa bisa melibatkan pihak yang berkompetensi dalam menangani teror monyet liar yang datang ke permukiman warga.

"Misalnya dari BKSDA dikoordinasikan biar bisa turun dan cek kondisi di sini, warga mulai resah juga karena takutnya nanti monyet makin berani dan masuk ke dalam rumah," katanya.

Baca Lainnya