Jumat, 19 Juni 2020 18:29

Kawanan Monyet Tandang ke Pemukiman Warga Lembang, ini Penjelasan BKSDA

Penulis : Fery Bangkit 
kawanan monyet liar menghampiri ke permukiman warga.
kawanan monyet liar menghampiri ke permukiman warga. [Net]

Limawaktu.id - Kawanan monyet ekor panjang kerap menyatroni warga Kampung Andir RT 03/06 Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dalam dua pekan terakhir. Kawanan hewan primata itu diduga kelaparan, sebab mengambil makanan milik warga.

Penyuluh Kehutanan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat Seksi Wilayah IV Taufik Hamzah mengatakan, kawanan monyet yang masuk ke permukiman warga tersebut merupakan monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).

"Kemungkinan itu dari habitat aslinya lari ke pemukiman warga. Saya yakin itu dari habitat aslinya, cuma habitat aslinya ini perlu ditelusuri," jelas Taufik saat dihubungi, Jumat (19/6).

Dari catatannya, habitat asli monyet ekor panjang di kawasan Lembang berada di hutan konservasi diantaranya kawasan Tangkuban Parahu.

Monyet ekor panjang yang masuk ke wilayah permukiman warga Lembang tersebut, habitatnya kemungkinan berada di kawasan hutan setempat.

Menurut dia, di kawasan Lembang selain hutan konservasi ada hutan lindung dan hutan produksi di bawah kewenangan Dinas Kehutanan atau Perum Perhutani.

Habitat kawanan monyet itu dimungkinkan juga berada di hutan lindung maupun hutan produksi.

"Kalau dari kawasan konservasi, dalam hal ini kawasan cagar alam Tangkuban Parahu, ke sana kan jauh, sementara di situ ada kawasan Perhutani, bisa jadi di sana juga ada habitat monyet ekor panjang," jelas Taufik.

Atas adanya fenomena tersebut, Taufik meminta agar seluruh elemen baik warga, pemerintah daerah maupun pelaku usaha wisata menjaga kelestarian dan ekosistem alam sekitar.

"Maka perlu koordinasi semua pihak termasuk masyarakat sekitar kawasan hutan untuk mengambil langkah apa saja yang harus dilakukan agar monyet-monyet tersebut tidak lagi memasuki perkampungan, salah satunya hutan sebagai habitat satwa liar harus terjaga dengan baik," tandasnya.

Baca Lainnya