Rabu, 6 Maret 2019 14:22

Kawal Prosesi Nyepi 2019, Polres Cimahi Siapkan Pengamanan Khusus

Reporter : Fery Bangkit 
Pura Agung Wira Loka Natha, Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi.
Pura Agung Wira Loka Natha, Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Polres Cimahi bakal memberikan pengamanan khusus saat perayaan Hari Raya nyepi Tahun Baru Caka 1941 bagi umat Hindu.

Di Kota Cimahi, perayaan tahun baru umat Hindu akan dipusatkan di Pura Agung Wira Loka Natha, Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi. Hari ini, Rabu (6/3/2019), rangkaian perayaan dimulai dengan prosesi Caru Tawur Kesanga sebagai upacara jelang Nyepi, Kamis (7/3/2019).

Baca Juga : Mengintip Persiapan Umat Hindu Cimahi Jelang Hari Raya Nyepi

"Kami sudah siapkan pengamanan khusus di tempat-tempat ibadah. Kita tunjuk personelnya untuk melaksanakan pengamanan baik tertutup maupun terbuka," kata Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara di Mapolres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Rabu (6/3/2019).

Dikatakannya, sebelum perayaan Nyepi ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan tempat-tempat ibadah yang akan melaksanakan Nyepi. "Tempat-tempat mana saja akan dilaksanakan ibadah, termasuk waktunya dan berapa perkiraan masyarakat yang akan melaksanakan ibadah Nyepi," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan Nyepi, pengurus pura dan sejumlah umat Hindu biasanya melakukan ritual Melasti yang digelar di Sirah Cai Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Rangkaian Nyepi kemudian dilanjutkan dengan upacara Taur Agung Kesanga, kemudian Catur Brata Penyepian selama 24 jam.

Brata Penyepian yang dimulai pukul 06.00 WIB hingga Jumat (8/3/2019) pukul 06.00 WB. Pada waktu itu, umat Hindu harus berpuasa (Catur Brata) dengan menyalakan api (Amati Geni), tidak bekerja (Amati Karya), tidak bepergian (Amati Lelungan) dan tidak bersenang-senang (Amati Lelanguan).

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer