Selasa, 20 November 2018 13:51

Katanya Sudah Dibersihkan, Tapi Sampah Domestik itu Masih Mengambang di Sungai Cicurug Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Pemandangan Sampah Menumpuk Menghiasi Aliran Sungai Curug, Kp. Cibodas RT 01/15, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.
Pemandangan Sampah Menumpuk Menghiasi Aliran Sungai Curug, Kp. Cibodas RT 01/15, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Sebanyak 50 personel Tim Kecebong Kota Cimahi dikerahkan untuk membersihkan tumpukan sampah di aliran sungai Curug, Kampung Cibodas, RT 01/15, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

"Personil yang ada dengan armada truk maupun unit pick up bertugas untuk melakukan pembersihan badan sungai dan saluran," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (20/11/2018).

Baca Juga : Viral Video Buang Sampah ke Sungai, Pemkot Cimahi Siapkan Sanksi

Sebelumnya, tumpukan sampah domestik atau sampah rumah tangga nampak memenuhi aliran sungai. Sampah diduga terbawa air dari wilayah utara dan tengah ketika hujan besar.

Diakuinya, badan Sungai Cibodas termasuk yang bermuara di Sungai Cicurug kerap menjadi langganan sampah tersangkut tiap hujan besar turun. Sampah yang tersangkut di badan sungai terbawa arus air yang mengalir sejak dari hulu di wilayah Kab. Bandung Barat. Selain Cibodas, lokasi badan sungai yang kerap dipenuhi sampah diantaranya Cibeureum, hingga Cisangkan.

Baca Juga : Videonya Sempat Viral, Dua Oknum Pembuang Sampah ke Sungai Citopeng Ternyata 'Kurir' Sampah

"Sampah hanyut sejak dari hulu dan menumpuk di sejumlah lokasi badan sungai di Cimahi. Tetap kita lakukan pembersihan," ujarnya.

Dikatakan Nur, untuk membersihkan sampah di badan sungai, pihaknya berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi. 

Baca Juga : Aliran Sungai di Cimahi Dipenuhi Sampah Domestik, ini Kata Anies

Pihaknya menghimbau masyarakat terutama yang berada di bantaran sungai agar tidak membuang sampah ke badan sungai. Sebab, prilaku buruk itu akan memicu terjadinya banjir.

"Kami minta masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, diantaranya tidak membuang sampah dan limbah ke sungai. Nanti, mereka juga yang kena akibatnya," imbuhnya.

Baca Lainnya