Minggu, 15 Oktober 2017 7:01

Kata Elin Abubakar, "Bidan Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan"

Reporter : Jumadi Kusuma
Ketua Tim Penggerak PKK KBB Hj. Elin S Abubakar mwnghadiri HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 66.
Ketua Tim Penggerak PKK KBB Hj. Elin S Abubakar mwnghadiri HUT Ikatan Bidan Indonesia ke 66. [Foto: Jumadi Kusuma]

Limawaktu.id,- Di Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 66 Kabupaten Bandung Barat, Ketua Tim Penggerak PKK KBB Hj. Elin S. Abubakar, menyampaikan harapannya agar IBI dapat menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat.

"Jika ini terlaksana, kesehatan akan berjalan dengan baik dan sempurna, terutama untuk menekan angka kematian pada ibu dan balita," ungkap Hj. Elin, Sabtu (14/10/2017) pada acara HUT IBI di Hotel Horizon Bandung.

Untuk itu, Elin sangat berharap agar praktisi Bidan senantiasa memberikan pelayanan kepada Masyarakat dengan tulus dan ikhlas serta komprehensif, baik itu terhadap fisik, psikologis dan sosial.

Dalam hal ini, kata Elin, Bidan mesti mempunyai peranan aktif memberikan pemahaman pentingnya kesehatan kepada masyarakat, meskipun begitu banyaknya program Pemerintah yang sudah diaplikasikan melalui Dinas Kesehatan, seperti peningkatan kesehatan, peningkatan sarana dan prasarana serta jaminan persalinan.

"Tanpa Bidan, program yang diaplikasikan tersebut tidak akan berjalan jika bidannya tidak aktif. Karena Bidan adalah ujung tombak pelopor kesehatan," pungkas Elin.
Memperhatikan pentingnya tugas-tugas yang di emban oleh seorang Bidan, maka Bidan mempunyai posisi yang sangat penting pula dalam upaya Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam mewujudkan visinya yaitu " Mewujudkan masyarakat Bandung Barat CERMAT, yaitu Cerdas, Rasional, Maju, Agamis dan Sehat." Tegas Elin. (jk)*