Selasa, 17 November 2020 18:26

Kasus yang Membuat Bupati Aa Umbara Diperiksa Belum Diungkap KPK ke Publik

Penulis : Fery Bangkit 
Bupati Bandung Barat AA Umbara Saat Dimintai Keterangan Oleh Awak Media.
Bupati Bandung Barat AA Umbara Saat Dimintai Keterangan Oleh Awak Media. [Foto Istimewa]

Bandung Barat - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum membeberkan hasil pemeriksaan terhadap Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Kasus yang membuat Aa Umbara dimintai keterangan pun belum terungkap. 

Sebelumnya, Aa Umbara sudah dimintai keterangan sejak Selasa (10/11/2020) dan Kamis (12/11/2020). Pada dua hari itu, Aa Umbara diperiksa KPK di Jakarta dan di Kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, di Cibeureum, Kota Bandung. 

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri mengungkapkan saat ini pihaknya terus melakukan penyelidikan terhadap orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat tersebut.

"Belum ada perkembangan, saat ini kami masih lidik," ungkap Ali Fikri saat dikonfirmasi, kemarin.

Pihaknya belum bisa menyebutkan perkara apa yang membuat Aa Umbara akhirnya diperiksa oleh KPK, apalagi terkait keberadaan Aa Umbara saat ini. 

"Karena masih proses penyelidikan, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut mengenai kegiatan dimaksud. Perkembangannya nanti kami informasikan lebih lanjut ya," katanya. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB), Asep Sodikin mengatakan tidak tahu menahu soal pemeriksaan yang dilakukan KPK terhadap Aa Umbara Sutisna.

Informasi pemeriksaan tersebut maupun surat tertulis dari KPK tidak melalui lembaga namun langsung kepada orang yang bersangkutan yakni Aa Umbara. 

"Kita tidak tahu apa-apa soal pemeriksaan Pak Bupati. Tapi ya akhirnya tahu juga. Surat pemeriksaan tidak melalui lembaga tapi langsung," katanya.

Baca Lainnya