Rabu, 19 Juni 2024 10:26

Kasdam III/Siliwangi Survey Sumber Mata Air di Kabupaten Bandung Barat

Penulis : Bubun Munawar
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin berdiskusi terkait dengan program peembuatan sumur bor dan filter air di Cihanjuang, Kecamatan Parngpon Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/6/2024).
Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Aminudin berdiskusi terkait dengan program pembuatan sumur bor dan filter air di Cihanjuang, Kecamatan Parngpon Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/6/2024). [Limawaktu.id]

Limawaktu.id, Bandung Barat – Kepala Staf Kodam III/Siliwangi  (Kasdam) Brigjen TNI Aminudin mengungkapkan, pihaknya sedang melakun survey beberapa titik sumber mata air di Kabupaten Bandung Barat (KBB)  untuk mendukung program pengeboran air dalam menunjang Ketahanan Pangan.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ervan yang selama ini sudah belerjasama dalam meningkatkan fasilitas sarana umum, fasilitas rerkreasi dan tempat hiburan,” terang Aminudin, kepada awak media, di salah satu Café di Cihanjuang, Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, Selasa (19/6/2024) malam.

Menurutnya, dirinya melakukan diskusi  untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan fasilitas sarana umum rekreasi, hiburan dan bekerjasama untuk persiapan pengadaan khusus untuk melaksanakan program Kodam III / Siliwangi yang  tengah berkonsentrasi tentang ketahanan pangan.

“Untuk mendukung ketahanan pangan ini, setiap Kodim akan mempersiapkan  lahan minimal 200 hektar dalam  menghadapi kondisi cuaca kedapannya. Bapak Kasad juga sudah mendukung dan sudah dilaksanakan oleh Bapak Kasad, khususnya program tentang air yaitu program pengeboran air,” kata Aminudin.

Dia menjelaskan, setelah ditentukan lokasi akan dilakukan pengeboran air yang nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, dan bagaimana lebih bagus lagi dibuat saluran filter air. Air yang sudah dibor tadi kemudian di filter sehingga layak untuk diminum

“Program Filter air Sumur Bor ini sudah dilaksanakan di kabupaten Indramayu. Diamana air payau setelah melalui proses, airnya bisa layak untuk diminum. Dari program filter air ini dalam sehari bisa dimanfaatkan sekitar 130 galon dimanfaatkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Aminudin melanjutkan, kedatangannya di  Kabupaten Bandung Barat dilakukan untuk mempelajari bagiamana sumber air yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

"Apabila ada yang bisa dimanfaatkan pihaknya  akan mencoba membuat filter air dan akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) . Saat ini baru dilakukan survey di beberapa titik sumber air," pungkasnya.

Diketahui, di Desa Rajaiyang Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, Kodam III melaksanakan   Program pembuatan Sumur Bor Ketahanan Pangan TNI Manunggal air.

Program tersebut diperuntukan untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat Desa Rajaiyang, diutamakan untuk sebagai air minum dan pengairan sawah disa’at petani menghadapi musim tanam gaduh / musim tanam II. Program pembuatan sarana  Air Bersih ini digulirkan Kodam III Siliwangi dan sebagai pelaksana dilapangan oleh Zidam Kodam III Siliwangi.

 

 

 

Baca Lainnya