Senin, 11 Januari 2021 13:43

Karawang Lima Minggu Berturut-turut Zona Merah Covid-19

Reporter : Bubun Munawar
gubernur jabar ridwan kamil konferensi pers seusai rakor covid-19 di mapolda jabarhumas polda jabar
gubernur jabar ridwan kamil konferensi pers seusai rakor covid-19 di mapolda jabarhumas polda jabar [humas]

Kota Bandung,- Kabupaten Karawang masih dinayatakan zona merah penyebaran Covid-19. Bahkan kabupaten di Pantura ini sudah lima minggu berturut-turut berada di zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan, saat ini ada enam kota dan kabupaten di Jawa Barat berada di zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Keenam daerah itu antara lain, Kabupaten Karawang, Ciamis, Garut, Kota/Kabupaten Bekasi, dan Depok.

"Dengan penerapan Pembelakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional kali ini, diharapkan penularan Covid-19 di Karawang dapat ditekan," ujar Ridwan Kamil, usai Rakor Penanganan Covid-19 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, dikutip INews.id, Senin (11/1/2021).

Dikatakannya. pihaknya sudah menurunkan tim ke sana (Karawang) dengan harapan kondisi tersebut bisa secepatnya puluh. Meski enam daerah masih zona merah, ujar Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini, berita baiknya, kapasitas rumah sakit sudah membaik, tidak meningkat minggu ini.

Kang Emil mengemukakan, salah satu penyebabnya adalah dukungan dari berbagai pihak, khususnya TNI dan Polri. Yang sudah sangat siap adalah minggu ini gedung dan fasilitas di Secapa Angkatan Darat Hegarmanah, Kota Bandung, dijadikan tempat perawatan bagi pasien positif covid 19 tapi gejala ringan sehingga bisa mengurangi beban rumah sakit.

"Besok kami mau ke Secapa AD. Kami buktikan bahwa kami kompak. Semangat Siliwangi  (Kodam III/Siliwangi) silih asah silih asuh," ujarnya. 

 

Baca Lainnya

Topik Populer