Kamis, 9 Desember 2021 18:38

Karang Taruna RW 03 Setiamanah Mengedukasi Pandemi Covid-19 dengan Mural

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada cara lain dilakukan warga RW 03 Kebon Kalapa Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi, dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Pandemi Covid-19 dan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang saat ini tengah berjangkit di masyarakat. Karang Taruna setempat mengekspresikan kabisanya lewat lukisan mural yang berthemakan Covid-19 dan DBD, agar masayarakat sekitar memahaminya.

“Kegiatan ini sudah berlangsung sekitar dua pekan lalu dengan mengusung Thema Covid-19 dan DBD yang saat ini tengah diderita warga Kota Cimahi,” ungkap Jaka, salah seorang inisiator pembuatan mural di Kebon Kalapa Kelurahan Setiamanah, Kamis (9/12/2021).

Dia menyebutkan, sebanyak 36 blok dinding yang ada di wilayahnya dibuatkan gambar berthemakan Covid-19 maupun DBD, tujuannya agar masyarakat lebih memahami tentang bahaya Pandemi Covid-19 maupun DBD. Tak sekedar lukisan atau narasi tentang Pandemi, lukisan juga ada yang berupa sosok wajah Ketua Satgas Covid-19 Kota Cimahi Ngatiyana dan Ketua Satgas Covid-19 Jawa Barat Ridwan Kamil. \

“Ada sekitar 36 blok dinding yang kamu lukis bersama anggota Karang Taruna disini yang didukung oleh Pengurus RW 03 Kelurahan Setiamanah,” sebutnya.

Sementara, Ketua RW 03 Kelurahan Setiamanah Hadnan Gunawan sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Jaka dan teman-temannya dengan melukis mural berthemakan Covid-19 dan DBD, meskipun pada pelaksanaannya mereka tidak mendapatkan upah atau dibayar, tetapi secara sukarela menuangkan ide, gagasan dan karyanya dengan melukis mural disepanjang Gang di RW 03 Kelurahan Setiamanah.

“Saya salut kepada Jaka dan teman-temannya walaupun tanpa dibayar mau mengekspresikan kemampuannya, sebetulnya lukisan mural ini sudah dibuat setahun lalu, sekarang dilakukan restorasi lagi, ” katanya.

Dia menjelaskan, program ini merupakan swadaya RW 03 Kelurahan Setiamanah yang didukung penuh oleh Karang Taruna setempat.

“Kami sangat berharap Pemkot Cimahi minimal Kelurahan Setiamanah bisa mensuport anak-anak Karang Taruna disini,” jelasnya.

Pantauan Limawaktu.id dilapangan menunjukan, lukisan yang dibuat anggota Karang Taruna ini memperlihatkan situasi dan kondisi yang terjadi saat pandemic Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini termasuk dampak yang ditimbulkan dari Covid-19 maupun DBD, baik berupa gambar maupun tulisan atau narasi untuk mengajak warga wasapada terhadap Covid-19 maupun DBD.

 

Baca Lainnya